Rabu, 08 November 2017

Danramil Karanganyar Menghadiri Rakor FKUB

Karanganyar - Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Karanganyar Komandan Koramil 01/Karanganyar Kodim 0727/Karanganyar Kapten Wardiyo melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Senin (06/11/17)

Ketua FKUB Kabupaten Karanganyar Dr. KH. Badarrudin  M.Ag meminta sesuai mekanisme yang ada, dalam menangani kerukunan umat beragama di wilayahnya semakin berkembangnya IT, bertambahnya jumlah penduduk, dengan semakin kompleksnya permasalahan yang ada, dan disisi lain jumlah sumber daya alam yang semakin berkurang membuat timbulnya potensi-potensi konflik di daerah.

“Dengan FKUB ini bertujuan mengurangi titik-titik konflik yang ada di daerah masing-masing. Maka dari itu perlu adanya diadakan rapat atau musyawarah untuk menyelesaikan permasalahan atau konflik-konflik agar terciptanya kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Karanganyar terutama di wilayah Kecamatan Karanganyar ini,”kata Badarrudin.

Lebih lanjut Badarrudin menyampaikan, atas dasar kesepakatan bersama FKUB ini disamping merekatkan tali silaturahim, juga untuk mengimplementasikan FKUB yang berdasar pada Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9 dan No. 8 Tahun 2006 tentang Tugas dan Fungsi FKUB. Sehingga dalam pelaksanaan sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) FKUB sebagai tombak dalam menjaga kerukunan antar umat beragama,"tegasnya.

Danramil menyampaikan, ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh FKUB. “terkait dengan Tupoksi FKUB yang memang penting untuk diperhatikan sekaligus dilaksanakan, antara lain: perteguh kembali/semangati kembali keberadaan 4 Pilar yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya tetap jaga Profesionalitas dan Proposionalitas, sehingga keberadaan FKUB dalam menangani permasalahan-permasalahan terkait perbedaan keyakinan direspon positif oleh masyarakat serta lakukan pendekatan persuasif, sehingga tidak terjadi konflik yang bersifat anarkis,”tandas Wardiyo.

(01-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Forkopimca Gondangrejo Gelar Halal Bihalal 1 Syawal 1445 H

KARANGANYAR — Kapten Cba Suryanto Danramil 17/Gondangrejo beserta anggota bersama Forkopimca Gondangrejo menghadiri acara Halal Bihalal di h...