Kamis, 30 November 2017

Danramil Jumapolo Dampingi Study Banding Dinkes Jepara

Karanganyar - Kegiatan kaji banding dalam hal perjalanan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), dari Kabupaten Jepara ke desa Karangbangun Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 200 orang. Total Berbasis Masyarakat dan desa sehat dengan mendekralasikan diri sebagai desa Stop Buang Air Besar Sembarangan. Selasa (28/11/17)

Dalam pelaksanakan kegiatan studi banding tersebut dihadiri oleh Danramil 12/Jumapolo Kodim 0727/Karanganyar Kapten Sutarno, Forkompincam Jumapolo, Kepala Pukesmas dan seluruh bidan desa Jumapolo, Kades beserta seluruh perangkat desa Karangbangun, Ibu-ibu PKK dan kadernya, Kepala Dinas Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan studi banding dari Tim Dinkes Jepara dipimpin langsung Camat Nalumsari Kabupaten Jepara, berserta Dinas Kabupaten Jepara, 15 Kades, Kep dan seluruh bidan desa se-Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara, para kader dan Ibu-ibu PKK.

Desa Karangbangun memang telah memiliki masyarakat yang sadar akan kebersihan dan kesehatan lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat yang cukup bagus. Wilayah inipun, memiliki posbindu kawasan tanpa rokok, dan desa siaga yang dikelola masyarakat.

 “Ini menjadi tantangan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara untuk menciptakan masyarakat yang sehat-sejahtera,” papar dari Camat Nalumsari Kabupaten Jepara.

Dijelaskan setelah melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah BABS, ternyata standar open defecation free (bebas dari BABS) mereka memang lebih baik dengan cublug terkategori standar. Sementara cubluk di wilayah Kabupaten Jepara masih termasuk dalam kategori pencemaran.

Oleh karena itu, dinas kesehatan bersama Pemerintah Kabupaten Jepara akan berupaya untuk terus melakukan pembuatan jamban sehat yang berstandar. Serta terus melakukan sosialisasi untuk merubah perilaku masyarakat ke arah PHBS.

Terkait itu, program ke depannya masyarakat akan diajak membentuk kelompok peduli sanitasi. Yaitu kelompok yang dapat mengajak masyarakat lainnya untuk dapat membuat jamban sehat, dengan cara swadaya atau arisan, dan memberdayakan masyarakat untuk dapat melakukan perubahan perilaku,”ucapnya.
(12-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar

Kodim Karanganyar - Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir CabangGerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar Kodim Karanganyar - Peringatan...