Jumat, 17 November 2017

Kodim Karanganyar Tingkatkan Kemampuan Beladiri Anggotanya

Karanganyar - Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai ujung tombak Kodim di teritorial, tidak cukup hanya ahli dalam menjalankan pembinaan teritorial di wilayah binaannya. Babinsa juga harus memiliki keahlian bela diri militer Yongmoodo yang memang sebagai syarat mutlak bagi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya TNI Angkatan Darat (AD).

Kodim 0727/Karangayar melalui Pasiops (Perwira Seksi Operasi) Kapten Priyo memberikan latihan Bela Diri Militer (BDM) Yongmoodo kepada para Babinsa jajaran Kodim 0727/Karangayar di Makodim. Selasa (14/11/17)

Menurut Pasiops,"kegiatan latihan Yongmodo merupakan salah satu program dari Komando atas yang diwajibkan untuk dilaksanakan oleh satuan di tingkat Komando Wilayah (Kowil).

“Program Yongmoodo di Kodim 0727/Karangayar merupakan modal dasar para Babinsa dalam melaksanakan tugas-tugas pokok ke wilayah khususnya wilayah Karanganyar. Latihan ini dilaksanakan, selain program juga agar para anggota Kodim fisiknya dapat terus terjaga dalam mendukung kegiatan di wilayah, dan dapat digunakan untuk membela diri apabila diperlukannya. Dalam melaksanakan latihan Yongmoodo ini, sangat diperlukan keseriusan dan konsentrasi. Karena selain pukulan dan tendangan terdapat materi jatuhan, bantingan dan kuncian. Kalau latihan ini main-main, akan berakibat fatal lantaran bisa mengakibatkan cedera atau patah tulang. Maka dari itu, diperlukan keseriusan dan semangat supaya dalam latihan tidak terjadi apa-apa dan materi latihan bisa terserap dengan baik,”jelas Kapten Priyo.

Secara rutin kegiatan latihan ini akan terus dilaksanakan, agar kemampuan dapat terjaga. Olahraga bela diri Yongmoodo ini tidak bisa dianggap remeh. Karena, selain olahraga juga sebagai bekal bagi para prajurit bila menghadapi bahaya yang mengancam diri kita masing-masing saat bertugas dilapangan/wilayah.

“Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh anggota Militer di Komando kewilayahan harus mempunyai kemampuan bela diri, selain mereka harus menguasai wilayah binaannya. Babinsa juga dapat mengasah kemampuannya, agar tetap terjaga kemampuan perorangannya ,”pungkas Pasiops.

(15-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terjun Langsung ke Jalan Mayor Suwarko Pimpin Pengamanan Jalannya Karnaval

Kodim Karanganyar - Terjun Langsung ke Jalan Mayor Suwarko Pimpin Pengamanan Jalannya Karnaval Kodim Karanganyar - Terjun Langsung ke...