Kamis, 09 November 2017

Kiprah Babinsa dalam Memajukan dan Mensejahterakan Warga Binaannya

Karanganyar – Menjadi Babinsa harus dekat dengan masyarakat, dan harus dapat menjadi penyemangat masyarakat di wilayah binaannya. Di wilayah Kecamatan Jatiyoso mayoritas penduduknya bertani dan berkebun, hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Jatiyoso Sertu Sri Sudiyanto anggota Koramil 15/Jatiyoso Kodim 0727/Karanganyar.

Seorang Babinsa memang harus selalu dekat dengan rakyat, karena Babinsa sebagai jembatan dan tempat keluh kesah warga binaannya untuk menyampaikan saran dan pendapatnya. Hal ini terbukti salah satu warga desa Jatiyoso menyampaikan keluh kesah dan bercerita masalah bendungan dan saluran irigasi yang rusak serta tidak dapat dimanfaatkan untuk mengaliri sawah petani, karena sungai dengan saluran irigasi ledih tinggi dengan saluran irigasi.

Karena petani kalau ingin mengaliri sawah harus membendung sungai dengan bambu dan terpal bekas, kalau banjir pasti bambu bambu tersebut terbawa arus air. Petani juga harus berebut air ubtuk mengaliri sawahnya, kadang antar petani juga harus berselisih dengan petani lainnya.

Dengan adanya laporan dari petani tersebut Sudiyanto selaku Babinsa bersama petani mengecek lokasi bendungan yang rusak untuk mengambil gambar, selanjutnya Babinsa melaporkan kepada Komandan Koramil untuk meminta petunjuk. Karena permasalahan sekecil apapun Babinsa dituntut untuk segera melaporkan, pada kesempatan pertama kepada Komandan Koramil.

Alkhamdulillah setelah Sertu Sudiyanto melaporkan ke Danramil dan diteruskan kepada Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Czi Santy Karsa Tarigan. Tidak berselang lama Dandim mengecek bendungan yang sudah rusak dan jebol itu, untuk segera diperbaiki. Untuk itu dengan cara memasang bronjong kawat yang diisi dengan batu. Dan tridak lama beronjong kawat dari Makorem 074/Warastratama sudah datang.

Kemudian Babinsa berkoordinasi dengan Danramil untuk mensosialisasikan,  pembuatan bendungan tersebut kepada Kepala Desa dan ketua Gapoktan, masyarakat sangat antusias sekali dan berharap segera membangun bendungan yang sudah rusak tersebut. Sebelum dibuat bendungan dari beronjong masyarakat bergotong royong mencari batu dan membelah batu di sekitaran sungai tersebut.

Selama menjabat jadi Babinsa Sertu Sudiyanto sudah membantu perbaikan bendungan yang rusak. Bendungan yang rusak dan diperbaiki secara swadaya masyarakat serta dibantu oleh TNI antara lain yaitu; Bendungan Plumpung, Bendungan Nglogung, Bendungan Ngroto, Bendungan Kedung Nanas, Bendungan Karangsari, Bendungan Giling, Bendungan Mloko/Plamar, Bendungan Manggal, Bendungan Klagen.

Sudiyanto juga melaksanakan pendampingan pembuatan saluran irigasi dari menteri pertanian yaitu Irigasi Nglogung I Desa Tlobo, dan Irigasi di Jaluran Desa Jatiyoso.

Darto salah satu warga mengatakan sangat senang dengan Babinsa Sertu Sudiyanto yang selalu hadir dalam kegiatan masyarakat, tidak hanya itu kami selaku warga juga sangat bersyukur dengan apa yang telah diberikan Babinsa dalam memajukan dan mensejahterakan warga binaannya. Semua itu memang benar benar nyata dan dapat dinikmati semua warga Jatiyoso, “Terima Kasih Bapak Babinsa BERSAMA RAKYAT TNI KUAT TNI adalah Rakyat, Rakyat adalah TNI pungkas Darto.

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Libur Lebaran Anggota Koramil Tawangmangu Melaksanakan Komsos Di Wisata Grojogan Sewu

KARANGANYAR — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar Serka Parno bersama Serda Anang melaksanakan Komu...