Selasa, 14 November 2017

Dandim Napak Tilas Sejarah Raden Mas Sa'id "Pangeran Samber Nyawa"

Karanganyar – Untuk mengenang sejarah perjuangan dan jasa-jasa para pahlawan, Anggota Kodim 0727/Karanganyar bersama Polri, Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar dan Perwakilan Siswa-siswi SMK sederajat,melaksanakan Napak tilas Sejarah Perjuangan Raden mas said, Atau yang lebih dikenal dengan julukan "Pangeran Samber Nyawa". Napak tilas dimulai Star dari Sapta  Tirta Pangalengan, Finish di Mangadeg Matesih. Senin (13/11/17).

Bicara tentang sejarah berdirinya Kabupaten Karanganyar,maka tidak akan terlepas dari Kerajaan Mataram. Dan tentunya Pangeran yang Kharismatik bernama Raden Mas Sa'id atau yang lebih dikenal dengan sebutan "Pangeran Samber Nyawa". Julukan Pangeran Samber Nyawa diberikan oleh Nicolaas Tartingh, Gubernur VOC, karena didalam peperangan Raden Mas Sa'id selalu membawa kematian bagi musuh-musuhnya,”ujar Bupati Karanganyar Juliyatamono.

Dalam rangka memperingati satu abad Kabupaten Karanganyar, maka diadakan Napak Tilas sejarah kepahlawanan perjuangan Pangeran Samber Nyawa. Hal ini bertujuan untuk mengenang, sekaligus meneladani nilai-nilai perjuangan Pangeran Samber Nyawa. Utamanya bagi generasi muda di Bumi Intanpari,”ujarnya.

"Sebagai seorang prajurit, harus selalu ingat JASMERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah). Karena dengan kita selalu ingat dan tahu sebuah sejarah, maka kita akan lebih sayang dan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia",ujar Letkol Inf Mukhtar (Dandim 0727/Karanganyar).

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...