Selasa, 28 November 2017

Wujudkan Mimpi Ibu Pawiro Waginem (60)

Karanganyar – Memiliki pengelihatan mata yang sempurna, merupakan dambaan setiap orang. Demikian hal nya yang menjadi impian Ibu Pawiro Waginem (60). Wanita tua warga Dusun Pakem Rt 2 Rw 9 desa Plumbon Kecamatan Tawangmangu, telah lama mengeluhkan keadaan matanya. Sejak lama ia mengalama rabun yang disebabkan penyakit katarak. Hal ini yang menjadikannya sulit untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Keadaan mata Bu Pawiro, mendapat perhatian dari Serda Zaini, seorang Babinsa yang bertugas di Desa Plumbon, tempat Bu Pawiro tinggal.

Zaini, yang mendapat tugas mendata warganya yang menderita katarak, kemudian mendaftarkan Ibu Pawiro dalam program operasi katarak secara cuma-cuma yang diadakan oleh Kodim 0727/Karanganyar. Jadilah, Ibu Pawiro satu diantara pasien Kodim Karanganyar yang berangkat untuk melaksanakan operasi tersebut.

Ibu pawiro tidak sendiri.  Ada empat orang lainnya yang beruntung ikut serta dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Kodam IV/Diponegoro, dalam rangka Hari Juang Kartika 2017 tersebut. Mereka adalah Bapak Yoso Kemin (72) warga dusun Munggur Rt.08 Rw.04 desa Munggur kecamatan Mojogedang; Bapak Padi (56); Ibu Marsian (66); dan Ibu Suliyem (70) warga dusun Bakalan Rt 3 Rw 9 desa Nasem Kecamatan Colomadu.

Kegiatan operasi katarak ini, melalui beberapa tahapan. Diantaranya dalah pemerikasaan awal yang dilakukan di DKT (Dinas Kesehatan Tentara) Surakarta pada Senin (27/11).  Awalnya, ada sembilan pasien katarak yang dikirim dari wilayah Karanganyar, akan tetapi setelah melalui tes awal, hanya ada lima orang yang memenuhi syarat untuk melaksanakan operasi lanjutan. Para pasien, termasuk Ibu Pawiro, diantar oleh para Babinsa dari masing-masing desa. Kegiatan ini dipimpin oleh Serma Totok Aristiyanto, seorang bintara yang berdinas di staf teritorial Kodim 0727/Karanganyar.

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar

Kodim Karanganyar - Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir CabangGerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar Kodim Karanganyar - Peringatan...