Rabu, 15 November 2017

Anggota Babinsa Koramil 01 Karanganyar Terapkan LDK dan Karakter Siswa

Karanganyar - Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air terhadap bangsa dan negara, anggota Babinsa Koramil 01/Karanganyar Kodim 0727/Karanganyar Serma Sukasto dan Serka Rudi W memberikan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan materi wawasan kebangsaan kepada siswa siswi SMK Penda 2 Karanganyar sejumlah 246 orang di lapangan Kelurahan Popongan Kecamatan Karanganyar. Selasa  (14/11/17)

Materi kegiatan pelatihan PBB yang diberikan meliputi PBB ditempat maupun PBB berjalan yang terdiri dari sikap sempurna, istirahat ditempat dengan benar, penghormatan, lencang depan, lencang kanan, jalan di tempat, maju jalan, langkah tegap maju dan langkah ke kanan/kiri, dengan dilaksanakan latihan ini diharapkan mental para siswa/i SMK Penda 2 Karanganyar lebih siap dan lebih mandiri lagi.

Serma Sukasto mengatakan, bahwa dengan adanya pelaksanaan kegiatan latihan ini, maka secara tidak langsung kita semua telah membantu pihak sekolah khususnya, dan pihak pemerintah Kabupaten Karanganyar pada umumnya dalam menyiapkan generasi mudanya agar penuh dengan motivasi dan berkarakter serta menjauhkan generasi muda dari hal-hal negatif dengan cara disibukkan pada serangkaian kegiatan pembinaan ekstra kurikuler di lingkungan sekolah.

Pelatihan PBB ini sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya watak seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan kebersamaan,"ungkapnya.

Danramil 01/Karanganyar Kapten Wardiyo menyampaikan, tujuan kegiatan seperti ini untuk membentuk jiwa Siswa  yang tanggap, tangguh dan trengginas, serta memiliki keimanan dan ketaqwaan serta memiliki bekal pengetahuan kepemimpinan dan kemandirian saat menghadapi masalah dan penyelesaiannya. Siswa diharapkan mampu menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin, menanamkan sikap mandiri, tanggung jawab dan rasa memiliki yang kuat sebagai calon pemimpin dan anggota masyarakat, serta memberikan landasan dan filter kepada peserta didik agar tidak mudah ikut-ikutan pada kegiatan yang tidak jelas di lingkungannya.

Para siswa juga harus diasah kemampuan berorganisasi, administrasi, motivasi serta latihan mengasah keterampilan melalui kegiatan-kegiatan LDK sekaligus mengolah mental, fisik dan rohani," tuturnya.

Lebih lanjut Kapten Wardiyo menambahkan bahwa dengan dilatihkannya PBB kepada siswa-siswi diharapkan dapat mengerti maksud dari pelatihan PBB tersebut. Dan mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing. “PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi.

"Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Koramil 01/Karanganyar dalam dunia pendidikan dan merupakan bentuk rasa tanggung jawab TNI khususnya TNI-AD dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan,"terangnya.

(01-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...