Senin, 27 November 2017

Serma Riyanto Memberikan Pembekalan LDK

Karanganyar - Dalam rangka melatih kedisiplinan generasi muda sejak dini di halaman SMP Negeri 3 Jumpolo Serma Riyanto memberikan pembekalan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan). Pelatihan PBB tersebut dilaksanakan dalam rangka Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) oleh siswa siswi 32 perserta yang tergabung dalam kepengurusan OSIS masa bhakti TA 2017 sampai 2018. Jumat (24/11/17)

Selain materi PBB, juga disampaikan teori dan simulasi Tata Upacara Bendera (TUB) yang biasa dilaksanakan disekolah setiap hari senin dan hari-hari besar nasional. Hal tersebut dilaksanakan agar calon-calon pengurus OSIS faham dan mengerti tentang PBB serta Tata Upacara Bendera yang benar.

Sebelum masuk dalam materi praktek PBB disampaikan secara singkat maksud dan tujuan serta pengertian PBB oleh Serma Riyanto. Pengertian PBB adalah suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kedisiplinan dalam berorganisasi.

Adapun maksud diberikan materi Peraturan Baris Berbaris pada siswa siswi SMP Negeri 3 Jumapolo adalah untuk memberikan suatu latihan awal dalam membela negara, menanamkan rasa disiplin pada siswa serta menumbuhkan rasa kebersamaan diantara teman.

Tujuan PBB untuk siswa sekolah adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas serta rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin. Sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa. Dengan begitu banyak hal positif yang bisa diambil dari pembelajaran Peraturan Baris Berbaris.

“Sehingga pada saat pelaksanaan upacara di sekolahan dan tata upacara bisa berjalan dengan benar dan tertib, serta pendidikan awal bela negara untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme serta sikap disiplin dilingkungan sekolah dan akan mengerti jiwa kepemimpinan yang kelak akan berguna di kemudian hari,” terang Serma Riyanto.
(12-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Persiapan Pembukaan TMMD Sengkuyung II, Pasiter Kodim Karanganyar Tinjau Lokasi

KARANGANYAR — Babinsa Desa Jatipuro Sertu Wawan anggota Koramil 14/Jatipuro Serma Triyono mendampingi Pasiter Kodim 0727/Karanganyar Kapten ...