Kamis, 15 Februari 2018

Kebersamaan Babinsa Koramil Karanganyar dan Petani Dalam Memanen Padi


Karanganyar - Dalam kegiatan apapun bila dilaksanakan dengan bersama-sama ataupun dengan bergotong royong, maka pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan. Berbaur dengan kekompakan yang dilakukan, oleh karena itu sama yang selalu dilakukan oleh anggota Koramil 01 Karanganyar jajaran Kodim 0727 Karanganyar. Dalam setiap kegiatan apabila dilaksanakan dengan bersama-sama akan cepat selesai dan sesuai yang diharapkan, maka anggota Koramil akan saling bantu membantu dalam setiap kegiatan yang ada diwilayah binaannya. Selasa (13/02/18)

Pencapain swasembada pangan dengan cara penyerapan gabah yang dilakukan langsung dari panen petani disawah. Hal itu dilakukan apabila seorang Babinsa diwilayah sudah mengetahui wilayah desa binaan, yang akan melaksanakan panen dan sudah dipastikan untuk hasil panen padinya akan dijual. Maka segera Babinsa berkoordinasi dengan Danramil juga Batuud, untuk segera membagi tugas dan berkoordinasi dengan pemilik sawah yang akan melaksanakan panen.

Sehari sebelum panen dilaksanakan, seorang Babinsa sudah bisa berkomunikasi dengan pemilik lahan dengan melaksanakan silaturahim kerumah sebagai upaya pendekatan secara langsung kepada pemilik  sawah. Hal tersebut bertujuan untuk arah kemana nantinya hasil panen apakah untuk konsumsi sendiri atau untuk dijual sebagai modal kembali dalam penanaman selanjutnya. Siang itu Babinsa Gedong Serka Rudi melaksanakan kegiatan pendampingan panen padi bersama para petani di wilayah binaan Koramil 01 Karanganyar bertempat di sawah milik bapak Harsono Poktan Subur Makmur dusun Lobang RT 02/06 kelurahan Gedong Luas sawah 2 Ha. jenis IR64 perkiraan hasil panen 13 Ton.

Menurut Danramil Kapten Wardiyo panen padi kali ini mengalami peningkatan dan akan terus berkelanjutan. Dalam membantu petani Koramil 01/Karanganyar tidak pada saat panen saja, namun pihaknya membantu sejak mulai pembibitan hingga panen dan juga ikut mengawasi bersama gabungan kelompok tani. Selain itu juga kami memberikan sosialisasi pada petani tentang pertanian yang baik, serta memberikan penjelasan pasca panen. Sehingga usai panen para petani bisa memahami apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan guna menghadapi musim tanam," tegasnya.
(01-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Wujudkan Pembentukan Sikap Anak Bangsa

Kodim Karanganyar - Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan serta rasa tanggun...