Selasa, 20 Februari 2018

Kasdim Karanganyar Menjadi Irup Upacara Boden Powell


Karanganyar - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membina dan mendidik generasi penerus bangsa, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler Sekolahan yaitu Pramuka. Seperti yang dilakukan oleh Anak-anak SMA, SMK, MAN dan SMP se-Kecamatan Karanganyar melaksanakan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), dalam rangka memperingati kelahiran Boden Powell. Minggu (18/02/18)

Sambutan Kasdim 0727/Karanganyar Mayor Inf Mantang mengungkapkan kelahiran Boden Powell yang selama ini mencetuskan gagasannya tentang kemajuan Gerakan Pramuka dunia khususnya Bangsa Indonesia.

Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya, kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan Negara-negara lain, yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama boys scout. Tahun ke tahun Baden Powell terus berjuang untuk mengembangkan kepramukaan di seluruh dunia. Seperti halnya beliau membemuk kepramukaan wanita, sampai dengan kelompok pramuka siaga.

Dengan gagasan beliau kita dapat menikmati bersama tentang arti besarnya pembinaan generasi muda dalam rangka penanaman sikap dan pembentukan karakter. Seperti pada kegiatan Baden Powel Day Tahun 2018 yang telah diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Kecamatan Karanganyar. Dewan Kerja Ranting Kecamatan Katanganyar yang mengangkat tema “Disiplin, Terampil, dan Berbudaya” yang mengharapkan setelah diadakan kegiatan ini peserta lomba Baden Powell Day dapat lebih mengembangkan jiwa dan karakter serta kemampuan mereka untuk menjadi lebih baik.

Scouting Character, Character of the Street yang merupakan sifat yang harus dimiliki seorang anggota pramuka. Artinya pramuka yang sejati sudah selayaknya menanamkan kode kehormatan pramuka didalam pribadi dan karakter mereka. Sehingga membuat para generasi muda dapat dengan bijaksana dalam memecahkan masalah serta benar dan jujur dalam berkata.

Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran gugus depan Karanganyar terutama Pramuka Penegak dan Pandega yang dimotori Dewan Kerja Ranting Kecamatan Karanganyar dapat menyelenggarakan berbagai lomba demi mengimplementasikan dan perilaku pemuda Indonesia yang edukatif, inovatif, dan kreatif. Kita perlu memberikan semangat heroisme kcpada para calon pemangku cita-cita di masa depan dengan ketulusan hati, karena selama ini kita sinyalemen banyak generasi muda yang tidak mengerti tentang nilai-nilai kebangsaan ini,”tutup Mantang.
(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Wujudkan Pembentukan Sikap Anak Bangsa

Kodim Karanganyar - Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan serta rasa tanggun...