Senin, 19 Februari 2018

Alat Mesin Modern Sangat Membantu Petani dalam Panen Padi


Karanganyar - Sertu Sugiyono Babinsa Desa Bolon anggota Koramil 16/Colomadu jajaran Kodim 0727/Karanganyar melaksanakan pendampingan panen padi lahan seluas 2 hektar milik bapak Agung di dusun Jetak Rt 02/11 desa Bolon Kecamatan Colomadu. Sabtu (17/02)

Panen padi zaman dulu masih menggunakan alat manual, di gebyok dll. Tapi sekarang sudah menggunakan alat pertanian modern yang sangat efisien, baik dari segi tenaga maupun peruntukan padinya. Dari segi waktu pun sangat hemat dan cepat selesai.

"Panen kali ini lebih cepat, karena menggunakan mesin modern jadi apabila ada gabah yang gabug/gabah tidak isi bisa langsung ke buang. Yang masuk ke dalam karung hanyalah butiran padi yang berisi saja,"ungkap Babinsa. Adanya panen padi ini, menunjukkan bahwa pemerintah masih banyak memiliki stock gabah/beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena memiliki pasokan beras masih banyak dan harga juga masih stabil.

Babinsa sebagai pendamping upaya Ketahanan Pangan Nasional, setiap hari harus terjun ke sawah agar produksi beras nasional tetap terjaga.

Menurut Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. mengatakan "Berdasarkan data Kementan tahun 2017 luas tanam padi sebelum adanya Upsus hanya 500 hektar, akan tetapi setelah adanya Upsus mencapai 1,00 s.d 1,1 hektar perbulannya. Ini menunjukkan bahwa program Upsus sangat penting untuk menjaga stabilitas Ketahanan Pangan Nasional," tegas Dandim.
(16-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Wujudkan Pembentukan Sikap Anak Bangsa

Kodim Karanganyar - Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan serta rasa tanggun...