Babinsa Jumapolo Bantu Petani Tanam Padi Sistem Jajar Legowo di Desa Binaan


Karanganyar - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12 /Jumapolo jajaran Kodim 0727/Karanganyar, membantu petani menanam padi pada musim tanam di beberapa wilayah Jumapolo. "Babinsa Jumapolo mendampingi petani menanam padi di lahan sawah petani milik bapak Warno dusun Nglambang RT 01 RW 10 desa Jumapolo kecamatan Jumapolo. Lahan sawah petani dengan luas lahan sekitar 7000 meter persegi. Mengingat pada saat ini memasuki musim penghujan bertepatan dengan masa tanam, sebagian areal sawah di Jumapolo. Akan tetapi sebagian di wilayah Jumapolo masih melaksanakan musim panen padi. Jumat (23/02)

Sertu Susanto sebagai Babinsa desa Jumapolo dalam melaksanakan pendampingan penanaman padi Ia mengatakan, petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan "jajar legowo". Dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas hasil panennya.

"Pada program ketahanan pangan di wilayah Jumapolo, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani yang sedang melaksanakan tanam padi dengan sistem Jajar Legowo. kebanyakan petani belum memahami dengan tanam padi sistem Jarwo. Dalam hal ini kegiatan Babinsa membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan," ujarnya.

Menurut Babinsa Jumapolo tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola "jajar legowo", akan tetapi berdasarkan teori ahli dari sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya. Untuk membantu mewujudkan swasembada pangan, maka Babinsa bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan pertanian. Guna mewujudkan target ketahanan pangan nasional di wilayah Jumapolo,"tutup Susanto.
(12-Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar