Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Kehidupan Beragama Guna Menjaga Keutuhan NKRI


Karanganyar - Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor Inf Mantang, menghadiri kegiatan peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama guna menjaga keutuhan NKRI bersama tokoh agama. Kamis (01/03)

Kerukunan umat beragama menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga keutuhan NKRI. Terjadinya beberapa peristiwa yang memancing potensi konflik sosial di tanah air,  salah satunya di sebabkan karena isu agama. Kondisi Indonesia saat ini sedang memasuki titik rawan, dimana kasus yang terkait SARA kembali mengguncang ke Bhinekaan NKRI. Hal ini jangan sampai terjadi di wilayah kabupaten Karanganyar, untuk FKUB sebagai fasilitator dalam menjaga/membina keharmonisan antar umat beragama,”terang Mayor Mantang.

Peran tokoh agama yang diharapkan dapat mencerdaskan spiritual menjadi sangat penting. Oleh karena itu, FKUB harus dapat menularkan kerukunan internal umat dan menjaga aspek sakralisasi pelaksanaan tradisi-tradisi keagamaan dengan tetap berpegang pada kaidah agama.

Lebih lanjut orang nomor dua di Kodim Karanganyar tersebut menambahkan, bahwa Pemerintah kabupaten Karanganyar berkewajiban memfasilitasi masyarakat untuk  hidup rukun berdampingan. Pancasila sebagai dasar negara berusaha mewujudkan kerukunan penduduk termasuk di dalamnya kerukunan dalam beragama.

Kerukunan umat beragama sangat diperlukan, agar bisa menjalankan kehidupan beragama dan bermasyarakat secara damai, sejahtera dan jauh dari kecurigaan kepada kelompok-kelompok lain. Dengan begitu harus dilakukan kerjasama antar agama, seperti memberantas kemiskinan, memerangi kebodohan, mencegah korupsi,  membentuk pemerintahan yang bersih serta memajukan bangsa dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Setiap komponen bangsa harus menciptakan keharmonisan dan kerukunan, sebab hubungan yang harmonis menjadi kunci penting untuk memperkuat Kebhinekaan keberhasilan pembangunan nasional dan tetap tegakkan NKRI. Perbedaan tidak menghalangi untuk saling menghormati, menerima dan bekerjasama,”tegas Kasdim.

(Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar

Adila Hermulia Putri Harumkan Kodim 0727/Karanganyar