Senin, 19 Maret 2018

Babinsa Jumapolo Bersama Masyarakat Bahu Membahu Melaksanakan Kerja Bhakti Pasca Bencal


Karanganyar - Babinsa desa Giriwondo kecamatan Jumapolo Sertu Bayu Gendro dan Kopda Eko Saputro anggota Koramil 12 Jumapolo Kodim 0727 Karanganyar, melaksanakan kerja bhakti pasca bencana alam tanah longsor yang bertempat di rumah bapak Parso Dusun Bulu RT 02 RW 06 Desa Giriwondo kecamatan Jumapolo. Minggu (17/3)

Cuaca hujan deras di beberapa hari yang lalu, sehinga  mengakibatkan longsornya tanggul yang menimpa rumah salah satu warga serta beberapa material yang menutup ruas jalan. 

Setelah terjadinya tanah longsor pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2018 pukul 15:30 WIB, akibat diguyur hujan yang sangat deras yang terjadi di wilayah Jumapolo. Babinsa Jumapolo bekerja sama dengan aparat desa serta masyarakat setempat melaksanakan kerja bhakti bersama-sama. Kerja bhakti ini dilaksanakan mengingat lereng/tanah longsor bercampur batu yang menutup ruas jalan dengan panjang 10 meter dan tinggi 5 meter, sehingga akses jalan sementara tidak dapat di lewati. Dalam bencana tanah lonsor tersebut tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material berupa satu unit rumah yang terkena longsor serta tertutupnya akses jalan.

Dalam kegiatan tersebut Kapten Inf Sutarno menyampaikan kepada Babinsa setempat dan beberapa anggotanya untuk membantu masyarakat. Dalam melakasankan kerja bhakti membersihkan tanah longsor yang terjadi di depan rumah bapak Parso serta membersihkan timbunan tanah yang longsor di sepanjang jalan.

Kerja bhakti ini merupakan sarana untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, dengan bantuan aparat TNI dalam melakukan kerja bhakti masyarakat akan lebih ringan dan cepat selesai mengatasi kesulitanya. Hal ini sebagai tugas kita dalam membantu mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat sekelilingnya, "tegasnya Sutarno.

Danramil berharap kepada warga setempat agar lebih berhati-hati saat melewati jalan yang ada lerengnya, karena tanah yang labil dan terguyur air hujan itu akan mudah longsor. Untuk itu dihimbau kepada warga Desa Giriwondo agar mau menanam pohon disekitar lereng-lereng jalan, supaya kondisi tanah kuat. Sehingga kalau terjadi hujan, tanah tidak mudah longsor. "tutupnya.

(12-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...