Kamis, 15 Maret 2018

Pemeriksaan Iva Test dalam Rangka HUT ke 72 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2018


Karanganyar - Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVIII Kodim 0727/Karanganyar Ny. Putri Muchtar, beserta pengurus dan perwakilan Persit KCK cabang XLVIII Kodim Karanganyar menghadiri ceramah narkoba, kesehatan kanker serviks dan payudara dalam rangka HUT Persit ke 72 di Aula RST Slamet Riyadi Surakarta. Rabu (14/3/18)
Dr Dewi Anggarawati Sp,Og menerangkan Kesehatan Kanker Serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia beresiko menderita kanker serviks, akan tetapi penyakit ini cenderung mempengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, diluar masa menstruasi atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti anda menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi anda, segera tanyakan kepada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, rujukan menemui dokter.

Sejak tahun 2000 hingga tahun 2017 semakin muda usia wanita yang terserang kanker serviks yaitu kisaran usia 21-22 tahun, di tahun 2016 mencapai usia di bawah 20 tahun. Penelitian menyingkapkan kurangnya tindakan skrining penyakit kanker di Indonesia. Khususnya untuk skrining kanker serviks yaitu sitologi serviks dan ulasan asam asetat ini ikut berpengaruh pada jumlah kematian kanker serviks di Indonesia yang tergolong tinggi. Karena sebagian besar disebabkan oleh keterlambatan dalam diagnosis. Biasanya kanker sudah menyebar ke organ lain di dalam tubuh ketika seseorang memeriksakan kondisinya. Inilah penyebab pengobatan yang dilakukan menjadi semakin sulit,”kata Dr. Dewi.

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ciptakan Kerukunan Warga Binaan, Babinsa Sewurejo Melaksanakan Komsos

KARANGANYAR — Koptu Ristio Pramono anggota Koramil 05/Mojogedang melaksanakan komunikasi sosial dengan warga dusun Bulurejo desa Sewurejo ke...