Rabu, 21 Maret 2018

Kodim 0727 Karanganyar Cek Kekuatan Fisik Anggotanya


Karanganyar - Untuk mengecek tingkat kebugaran dan kesiapan jasmani personel dalam melaksanakan tugas, Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodim 0727/Karanganyar, melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I TA. 2018 yang dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Karanganyar. Rabu (21/03/18)

Pasiops Kodim 0727/Karanganyar Kapten Inf Suyatno menyampaikan kepada para Prajurit dan PNS yang akan melaksanakan  tes garjas, sebelum melaksanakan seluruh personel agar melaksanakan tes kesehatan terlebih dahulu yakni pengecekan tensi dan detak jantung oleh Team Kesehatan. Setelah melaksanakan test kesehatan dilanjutkan dengan pemanasan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal ini didasarkan bahwa kemampuan setiap personel pasti berbeda-beda dan yang mengetahui persis adalah diri pribadi masing-masing, untuk itu jangan diremehkan dalam upaya untuk faktor keamanan serta keselamatan personel.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. menyampaikan, "bahwa kesegaran jasmani periodik bagi prajurit mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit, karena hal ini merupakan tolak ukur prajurit dalam melaksanakan tugas. Namun demikian tidak memaksa bagi anggota yang tidak mampu melaksanakan karena sakit, tetapi yang perlu diperhatikan adalah sebelum melaksanakan harus dicek kesehatannya oleh anggota Kesehatan yang ada di lapangan. Serta prosedur yang lainnya sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan yang di keluarkan oleh Dinas Jasmani TNI AD.

Kegiatan samapta periodik yang diikuti oleh seluruh Prajurit Kodim dan PNS, adapun yang dilaksanakan dalam Tes Kesegaran Jasmani adalah Lari dengan jarak tempuh 3200 meter (samapta A), Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan shuttle run secepat-cepatnya (semapta B).

Anggota harus lulus dengan standar sesuai umur dan harus menjaga faktor keamanan, jangan sampai terlalu semangat tetapi tidak memperhatikan faktor keamanan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan," tegas Damdim.

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wawasan Kebangsaan Memberikan Dampak Positif Bagi Para Santri

KodimKaranganyar  -  Wawasan Kebangsaan Memberikan Dampak Positif Bagi Para Santri KodimKaranganyar  -  Wawasan Kebangsaan Memberikan Da...