Sabtu, 17 Maret 2018

Validasi Data Calon Penerima Santunan Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Penyediaan Tanah untuk Pembangunan Proyek Strategis Nasional


Karanganyar – Pembangunan Jalur Kereta Api Lintas Solo Balapan-Kedungbanteng dan Pembangunan Jalur Kereta Api Akses Bandara Adi Sumarmo Lintas Solo Balapan-Adi Sumarmo, Kabupaten Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. yang di wakili Kapten Inf Warjiyo Danramil 01/Karanganyar menghadiri Validasi Data Calon Penerima Santunan Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan, Penyediaan Tanah untuk Pembangunan Proyek Strategis Nasional di The Sunan Hotel Surakarta. Jum'at (16/03/18)

Bambang Herwanto Kepala Biro Pemerintahan Propinsi Jateng menerangkan, “Dengan pertimbangan dalam penyediaan tanah yang diperlukan untuk pembangunan Proyek Strategis Nasional, seringkali terhambat oleh keadaan dimana tanah yang akan digunakan telah dikuasai dan digunakan masyarakat dengan itikad baik dalam jangka waktu yang lama. Pemerintah memandang perlu dilakukan penanganan dampak sosial kemasyarakatan.

Atas dasar pertimbangan tersebut, pada 31 Mei 2017 Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 56 Tahun 2017 tentang Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Dalam Penyediaan Tanah Untuk Proyek Strategis Nasional.

Dalam Perpres itu ditegaskan, pemerintah melakukan penanganan dampak sosial kemasyarakatan kepada Masyarakat yang menguasai tanah yang digunakan untuk pembangunan Proyek Strategis Nasional.

“Tanah sebagaimana dimaksud merupakan tanah negara atau tanah yang dimiliki hak atas tanahnya oleh pemerintah, pemerintah daerah, badan usaha milik  negara atau badan usaha milik daerah,” bunyi Pasal 2 ayat (2) Perpres ini.

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ciptakan Kerukunan Warga Binaan, Babinsa Sewurejo Melaksanakan Komsos

KARANGANYAR — Koptu Ristio Pramono anggota Koramil 05/Mojogedang melaksanakan komunikasi sosial dengan warga dusun Bulurejo desa Sewurejo ke...