Babinsa Koramil 12 Jumapolo bersama Dispertan Melaksanakan Pengubinan Panen Padi di Wilayah Desa Binaannya



Karanganyar - Babinsa Koramil 12/Jumapolo bersama Tim Dispertan kabupaten Karanganyar dan PPL Jumapolo, serta ketua kelompok tani setempat melaksanakan pendampingan pengubinan di lahan sawah petani milik bapak Gito Darsono dusun Pencil RT 02 RW 08 Desa Jumapolo kecamatan Jumapolo. Sebagai TNI komando kewilayahan Babinsa selalu berperan aktif dalam membantu pertanian, bersama-sama dengan masyarakat petani untuk mewujudkan ketahanan swasembada pangan di wilayah desa binaannya. Senin (12/03/18)

Serma Riyanto sebagai Babinsa dalam pendampingan pegubinan panen padi jenis Sunggal, mengatakan dari ubinan tersebut diperoleh hasil sebanyak 1,5 kilogram perubinya. Sesuai perhitungan dari proses pengubinan tersebut, maka hasil panen yang didapat nanti diprediksi mencapai 8 ton/Ha untuk gabah kering panen (GKP),”ungkapnya.

Ketua PPL Kecamatan Jumapolo bapak Ambarto S.P mengatakan, pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas pertanian maupun statistic, untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi. Teknik seperti ini, paling umum yang digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan 1 hamparan (1 ha). “Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan potensi hasil panen dari tanaman padi yang dikelolanya,”tutup Ambarto.

(12-Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Adila Hermulia Putri Harumkan Kodim 0727/Karanganyar

Militansi Wakil Bupati Karanganyar