Senin, 22 Januari 2018

Serma Riyanto Dampingi Mantri Tani Pengubinan Panen Jagung Di Desa Binaan



Karanganyar - Pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistic, untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian. Namun teknik ini paling umum yang digunakan untuk memperkirakan potensi dalam hamparan paska panen para petani.

Kegiatan pengubinan tersebut dilaksanakan dilahan sawah milik bapak Parjiyo warga desa Karangbangun dengan jenis jagung tongkol dua, dengan luas lahan 7000 meter persegi. Penanaman jagung yang dilaksanakan oleh anggota kelompok tani "Manunggal Tekad" setelah dilaksanakan pengubinan dengan perkiraan hasil mencapai 14,1 Ton/Hektare jagung tongkol basah.

Anggota Koramil 12/Jumapolo Kodim 0727/Karanganyar Serma Riyanto Babinsa desa Karangbangun kecamatan Jumapolo, bersama ketua kelompok tani Manunggal Tekad mendampingi Mantri tani/PPL melaksanakan pengubinan panen jagung di lahan sawah bapak Parjiyo dusun  Kebon Kulon RT 01 RW 09 desa Karangbangun kecamatan Jumapolo.  Jumat  (19/01/18)

Bapak Ambarto SP selaku ketua team PPL Kecamatan Jumapolo mengatakan, "Pengubinan tersebut bertujuan untuk mengetahui hasil panen yang akan diperoleh petani saat panen. Sehingga tidak di berdayakan sistem jual ijon. Kegiatan pengubinan bisa membuka pengetahuan para petani tentang prediksi panennya. Walaupun terkadang kegiatan ini hanya sekedar menghitung-hitung, namun dengan cara ini bisa berdampak perubahan yang sangat baik bagi kesadaran para petani yang selama ini masih terjerat pola pikir ijon," tutupnya.

(12-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang

KodimKaranganyar - Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang KodimKaranganya...