Bersama Warga di Desa Binaannya Babinsa Panen Jagung

Karanganyar - Di musim yang tidak menentu ini di Desa Karangbangun kecamatan Jumapolo khususnya, bapak Suparno  setelah memanen jagungnya akan beralih ke tanaman padi nantinya. Bapak Suparno mengatakan lahanya sudah dua tahun tidak pernah di tanami padi, karena pada saat itu untuk pengairan agak susah dan hujan juga tidak menentu.

Babinsa Koramil 12/Jumapolo Kodim 0727/Karanganyar Serma Riyanto melaksanakan pendampingan petani panen jagung dengan jenis tungkol dua di ladang sawah milik bapak Suparno Dusun Ngrandu RT 02 / RW 01Desa Karangbangun kecamatan Jumapolo dengan luas lahan 5.000 meter persegi. Pendampingan ini merupakan salah satu upaya Babinsa untuk mengetahui kondisi tanaman diwilayah, dengan maksud untuk menciptakan hubungan kerja sama para petani dengan TNI. Minggu (14/01/18)

Babinsa mengatakan, bahwa panen jagung  ini merupakan bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan yang sedang digalakkan pemerintah daerah. Diharapkan dukungan ini mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan.

Program ketahanan pangan digalakan pemerintah tidak hanya tanaman padi saja, akan tetapi juga tanaman Jagung dan kedelai. Untuk itu TNI melalui Babinsa di tingkat desa dan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) terus memberikan pendampingan kepada petani untuk menanam ketiga sumber makanan pokok tersebut,"ujar Serma Riyanto.

Dalam kesempatan ini, Babinsa juga memberikan pendampingan kepada para petani terkait pengolahan lahan pertanian sampai dengan panen jagung dan padi sesuai aturan main yang benar. Termasuk melaksanakan penyuluhan tentang perawatan tanaman jagung dan padi. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian TNI dan pemerintah dalam membantu mensejahterakan para  petani.

(12-Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar

Adila Hermulia Putri Harumkan Kodim 0727/Karanganyar