Rabu, 24 Januari 2018

Peran Babinsa Mensinergikan Kepentingan Pertahanan dengan Pembangunan Nasional dalam Musrenbangdes

Karanganyar - Sebagai ujung tombak fungsi teritorial TNI-AD seorang Babinsa tentu harus bisa mempersiapkan wilayah binaanya, sebagai daerah pertahanan apabila negara dalam keadaan perang berlarut (gerilya). Untuk itu Babinsa harus paham secara detail rencana-rencana pembangunan baik fisik maupun non fisik di desanya, agar bisa di sesuaikan dengan kepentingan Pertahanan Negara.

Seperti dilakukan oleh Babinsa Koramil 16/Colomadu Kodim 0727/Karanganyar Serda Yuliyanto, yang turut hadir pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Baturan, Kecamatan Colomadu. Senin (22/01/18)

Dalam kegiatan yang bertujuan merencanakan masterplan pembangunan sebuah desa, untuk masa setahun kedepan dengan memperhatikan Daftar Skala Prioritas (DSP). Hasil musyawarah ini akan menjadi tolak ukur secara bottom up, dalam musrenbang tingkat kecamatan, kabupaten dan seterusnya .

Pokok bahasan dalam musyawarah tersebut dititik beratkan pada rencana dan anggaran pembangunan tahun anggaran 2018, meliputi infrastruktur seperti saluran limbah, gorong gorong, pengelolaan sampah dan pembenahan drainase. Serta pembangunan non fisik seperti pemberdayaan PKK, peningkatan ekonomi masyarakat, pelatihan ketrampilan Karang Taruna dan pembinaan mental spiritual.

Seperti ditekankan oleh Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. "Babinsa bukan seorang Decission Maker dalam Pembangunan, akan tetapi sebagai ujung tombak TNI-AD. Seorang Babinsa harus bisa mengarahkan pembangunan,”tegas Dandim.

(16-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Wujudkan Pembentukan Sikap Anak Bangsa

Kodim Karanganyar - Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan serta rasa tanggun...