Babinsa Jumapolo Dampingi PPL Pengubinan Panen Padi di Desa Binaan

Karanganyar – Bersama Babinsa, PPL dan ketua kelompok tani melaksanakan pendampingan pengubinan di lahan sawah petani milik bapak Sriwidodo Dusun Punthuk Luwah RT 01/01 Desa Giriwondo, Kecamatan Jumapolo.

Sertu Susanto Babinsa Giriwondo Koramil 12/Jumapolo Kodim 0727/Karanganyar, mendampingi pegubinan panen padi jenis IR 64. Padi yang di tanam dengan program Jarwo, yang dilakukan bersama kelompok tani Sido Muncul. Sasaran pengubinan dengan luas lahan 5000 meter persegi meliputi varietas padi, jumlah rumpun, jumlah anakan, jumlah butir, panjang malai (batang padi) dan berat padi. Kamis (18/01/18)

Dari ubinan tersebut diperoleh hasil sebanyak 1,5 kilogram sesuai perhitungan dari proses pengubinan tersebut, maka hasil panen yang didapat nanti diprediksi mencapai 6,2 ton/Ha untuk gabah kering panen (GKP).

Ketua PPL Kecamatan Jumapolo Ambarto SP mengatakan, pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas pertanian maupun statistic untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi. Teknik seperti ini, katanya paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan 1 hamparan (1 ha). “Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi yang dikelolanya”, jelasnya.

(12-Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar