Jumat, 22 Desember 2017

Wawasan Kebangsaan Sebagai Peredam Efek Globalisasi Pada Generasi Muda

Karanganyar - Kita semua sadar bahwa arus globalisasi dan kemajuan teknologi bagaikan pisau bermata dua, di satu sisi dapat mempermudah kehidupan kita. Sementara disisi lain bisa menjadi ancaman bagi kehancuran bangsa. Salah satu efek buruk dari kemajuan teknologi adalah hilangnya rasa gotong royong, timbulnya apatisme dan menurunnya Nasionalisme di kalangan generasi muda.

Untuk meredam hal tersebut perlu dipompa lagi semangat kebangsaan dan jiwa patriotisme, dengan wawasan kebangsaan dan pengetahuan tentang Bela Negara. Seperti kegiatan Penyuluhan Wasbang dan Outbond yang digelar oleh Koramil 16/Colomadu Kodim 0727/Karanganyar di SMPN 1 Colomadu Desa Gawanan Kecamatan Colomadu. Kamis (21/12/17)

Kegiatan yang diikuti 622 murid tersebut, diisi dengan pengarahan tentang Wawasan Kebangsaan oleh Danramil Kapten Priyo. Untuk membangkitkan lagi rasa Nasionalisme yang makin luntur di kalangan generasi muda kita. Dilanjutkan dengan kegiatan Outbond oleh anggota Koramil Colomadu dengan materi Permadani Terbang, Estafet Tongkat, Buldozer, Blind Water dan Spider Web. Outbond tersebut untuk menumbuhkan kerjasama, kepemimpinan dan solidaritas sesama rekan serta meningkatkan rasa percaya diri.

Hal ini disambut baik dan diapresiasi positif oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Colomadu Udi Sadono, S.Pd, karena di sela sela kegiatan Classmeeting murid muridnya mendapatkan pencerahan dan ilmu yang bermanfaat.

Seperti ditekankan oleh Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. bahwa output dari kegiatan ini adalah " Me*refresh* software generasi muda dengan Wasbang dan me*recharge* hardware mereka dengan outbond. Sehingga tercipta generasi yang tangguh dan berkepribadian".

(16-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...