Jumat, 22 Desember 2017

Melalui Outbond, Wasbang Babinsa Koramil Jumapolo Bentuk Kebersamaan dan Jiwa Korsa

Karanganyar - Dalam rangka menanamkan kesadaran bela negara dan meningkatkan kedisiplinan siswa-siswi pelajar di wilayah Jumapolo. Anggota jajaran Kodim 0727/Karanganyar melaksanakan serbuan teritorial melalui kegiatan wawasan kebangsaan dan Outbond kepada anak sekolah.

Salah satunya SMP Negeri 3 Jumapolo, dalam pelaksanaan kegiatan pemberian wawasan kebangsaan dan Outbon juga di hadiri oleh kepala sekolah dan guru pembina SMP Negeri 3 Jumapolo. Kamis (21/12/17)

Kegiatan diawali dengan pemberian materi tentang Empat Pilar Kebangsaan oleh Serma Sutarmanto. Kemudian dilanjutkan permainan outbound di halaman SMP Negeri 3 Jumapolo, yang dipimpin oleh Serma Riyanto dan dibantu oleh anggota lainnya sebagai instruktur dan peraga. Adapun peserta yang mengikuti Kegiatan wawasan kebangsaan tersebut sebanyak 180 orang.

Penerapan permainan outbound dalam rangka melaksanakan kegiatan wasbang nasional bertujuan untuk membentuk karakter siswa dan menerapkan pemahaman ideologi nasional dan pancasila. Sehingga dapat menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dalam bentuk tindakan nyata. Permainan outbond di antaranya Water estafet, Permadani Terbang, Bolduzer, Holaho,  Bola tali, dan tongkat estafet.

“Danramil Kapten Sutarno menyampaian materi wawasan kebangsaan menggunakan metode outbond ini, sengaja diterapkan dengan harapan para pelajar dapat menyerap dan memahami setiap materi yang diberikan oleh Babinsa. Dalam segala kegiatan  anggota Koramil 12/Jumapolo jajaran Kodim 0727/Karanganyar selalu siap serta mendukung kegiatan – kegiatan yang bersifat pembinaan. Terutama para generasi muda, sehingga kedepannya nanti mereka mampu dan bisa menghadapi perubahan serta tantangan zaman. Yang mana di tangan merekalah nantinya majunya bangsa ini,”Ujarnya.

Drs. Suyanto M.Pd. selaku kepala sekolah SMP Negeri 3 Jumpolo "menyampaikan terima kasih banyak atas dukungan dari Bapak-bapak Koramil Jumapolo. Berkat ketulusan dan keikhlasan Babinsa dalam memberikan wawasan kebangsaan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa-siswi SMP Negeri 3 Jumapolo. Semoga kegiatan ini selalu ada di semua daerah, karena sangat bermanfaat bagi generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa ini,"tutupnya.

(12-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Wujudkan Pembentukan Sikap Anak Bangsa

Kodim Karanganyar - Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan serta rasa tanggun...