Rabu, 20 Desember 2017

Serka Maskulir Memberikan Wasbang Siswa-siswi SMP Negeri 5 Karanganyar

Karanganyar - Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Bertempat di lapangan Monumen Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar, Serka Maskulir anggota Koramil 01/Karanganyar Kodim 0727/Karanganyar memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa siswi SMPN 5 Karanganyar. Hal tersebut dilaksanakan, setelah melaksanakan upacara Hari Bela Negara. Selasa (19/12/17)

Serka Maskulir menyampaikan, Pemerintah menetapkan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara melalui Keppres Nomor 28 Tahun 2006. Penetapan 19 Desember sebagai Hari Bela Negara dipilih untuk mengenang peristiwa sejarah ketika tanggal 19 Desember 1948. Saat Belanda melancarkan Agresi Militer ke II dengan mengumumkan tidak adanya lagi Negara Indonesia. Ketika itu, Presiden RI Ir. Soekarno memberikan mandat penuh kepada Mr. Syafrudin Prawinegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Padang, Sumatera Barat. Guna menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia," tegasnya.

"Upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, sebagai nilai dasar bela negara mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara. Yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara," tegas Maskulir.

(01-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...