Kamis, 28 Desember 2017

Danramil Kerjo Hadiri Rakor Pengunaan Kartu Tani

Karanganyar - Bertempat di Gedung Pertemuan PKK Kerjo, telah dilaksanakan Rakor Penggunaan Kartu Tani. Danramil 11/Kerjo Kodim 0727/Karanganyar Kapten Infanteri Purnomo bersama Forkopimca Kerjo, Jenawi, Ngargoyoso menghadiri kegiatan tersebut. Kartu Tani yang akan diberikan diharapkan memberi manfaat signifikan bagi para petani. Kamis (28/12/17)

Setiap petani punya kuota subsidi pupuk masing-masing, sesuai dengan Rencana Dasar Kebutuhan Kelompok (RDKK). Dengan adanya Kartu Tani para petani diajak untuk merancang pengolahan lahannya lebih matang. Penggunaan pupuk punya takarannya sendiri, tergantung pada luas lahan, jenis, dan jumlah komoditas yang akan ditanam. Selama ini yang terjadi distribusi pupuk subsidi ini tidak terkontrol.

Akhirnya petani yang seharusnya membutuhkan, malah kesulitan cari pupuk subsidi tersebut. Manfaat Kartu Tani untuk merancang pengolahan lahan dalam bisnis pertaniannya memang tidak seberapa, hanya sekitar 5% dari total anggaran pengolahan lahan.

Namun, bagi para petani dengan lahan dan modal terbatas, Kartu Tani bisa menopang sekitar 25% hingga 30%. Disamping distribusi pupuk bersubsidi, pemegang Kartu Tani juga berhak mendapatkan asuransi jika gagal panen. Yang paling penting dari program Kartu Tani adalah pendataan para petani.

Jika pemerintah dan pihak bank punya data yang jelas tentang komoditas, luas lahan dan masa panen, maka kejadian seperti melonjaknya harga komoditas bisa diminimalisir,”terangnya.

(11-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang

KodimKaranganyar - Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang KodimKaranganya...