Minggu, 31 Desember 2017

Upacara HUT Satpam ke 37 tahun 2017

Karanganyar - Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor Inf Mantang, mengahadiri upacara dalam rangka Hut Satpam ke 37 tahun 2017 di halaman Polres Karanganyar. Dengan mengusung tema "melalui peningkatan kompentasi kita wujudkan profesionalisme satpam dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. Sabtu (30/12/17)

Marilah kita mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya, kita semua dapat hadir dalam upacara peringatan hari ulang tahun ke-37 satuan pengamanan.

Hari ini pada 37 tahun yang lalu, satuan pengamanan dibentuk oleh Kapolri pada masa itu, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, yang menyadari bahwa kebutuhan akan rasa aman tidak bisa diemban oleh Polri semata.

Satuan pengamanan yang terdiri dari petugas-petugas yang terlatih dan terampil, berperan sangat penting dalam menjaga sentra-sentra perekonomian, sekolah, rumah sakit, tempat-tempat pelayanan masyarakat, sampai instansiinstansi pemerintah sebagai mitra kerja terdekat bagi Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban.

Peringatan hari ulang tahun satuan pengamanan ini, diharapkan menjadi momentum untuk mengevaluasi kinerja, sekaligus refleksi pemuliaan profesi satuan pengamanan.

Dilandasi kebutuhan akan rasa aman di dalam kehidupan masyarakat. Pada mulanya masyarakat pra modern membentuk konsep kepolisian yang dibangun atas asas kekerabatan policing. Konsep tersebut mengalami evolusi dengan terbentuknya konsep pemolisian tything, yaitu komunitas penjaga kamtibmas yang terdiri dari perwakilan 10 keluarga, dengan pemimpin yang disebut tythingman.

Uraian sejarah tersebut menunjukkan bahwa konsep pemolisian lahir, tumbuh, dan berkembang secara demokratis. Dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat, serupa dengan sejarah terbentuknya satuan pengamanan di Indonesia. Kelahiran satuan pengamanan didorong oleh kesadaran dan kebutuhan masyarakat.

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Team Dalwaslat Korem 074 Warastratama Tinjau Latihan Menembak Kodim 0727 Karanganyar

Kodim Karanganyar –  Team Dalwaslat Korem 074 Warastratama Tinjau Latihan Menembak Kodim 0727 Karanganyar Kodim Karanganyar  –  Team D...