Sabtu, 16 Desember 2017

Wakil Bupati Karanganyar Berangkatkan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya

Karanganyar - Lapangan Dusun Sumberejo II Desa Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Terlihat ada pemandangan yang berbeda, tiada lain adalah pasukan Prajurit Infanteri yang telah melaksanakan serah terima Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya. Ton beranting tersebut dalam rangka  Hari Infanteri tahun 2017. Sabtu (16/12)

Dengan mengangkat tema “Prajurit Infanteri Melaksanakan Gerak Jalan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya guna meningkatkan Jiwa Korsa, Semangat Juang dan Soliditas Prajurit Bersama Seluruh Komponen Bangsa. Dalam rangka menjaga kedaulatan serta keutuhan wilayah NKRI.

Dari Ton Beranting Yonif Raider 408/SBH Dpp Lettu Inf Mizan Ke Ton Beranting Yonif 407 / PK Dpp Letda Inf Adang, sebagai Irup Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo yang diikuti 400 orang.

Rohadi (Wakil Bupati Karanganyar) sebagai Irup menyampaikan, sebagai insan yang beriman dan bertaqwa marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena hanya atas ridho-Nya pada hari ini, kita masih diberikan kekuatan lahir dan batin. Sehingga dapat mengikuti upacara pemberkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam IV/Diponegoro dalam keadaaan sehat walafiat.

Pelaksanaan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya, merupakan wujud penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa para Pahlawan pendahulu. Yang lebih utama adalah bagaimana nilai-nilai kejuangan tersebut ditransformasikan pada setiap diri Prajurit saat ini, baik dalam pola tindakan dan perilaku yang sejalan dengan nilai-nilai yang telah diwariskan oleh para pendahulu Korp Infanteri.

Kegiatan gerak jalan Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya, juga dilaksanakan setiap menjelang peringatan hari Infanteri. Sudah merupakan tradisi positif bagi prajurit Korps Infanteri, untuk peristiwa bersejarah yang terjadi di Kota Ambarawa atau dikenal dengan mengenang kembali peristiwa palagan Ambarawa. Nilai-nilai juang yang ditujukan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman bersama Prajuritnya, seperti semangat juang yang tanpa pamrih. Sikap mental pantang menyerah, ulet, rendah hati, keberanian dan prilaku disiplin, tentunya patut diteladani dan ditumbuhsuburkan dalam diri setiap prajurit Infanteri. 

Peserta upacara dan hadirin sekalian, peristiwa bersejarah lainnya juga terjadi di Kota Yogyakarta yang sekaligus memberikan pesan penting kepada kita semua. Bahwa dengan hanya berbekal tekad semangat, senjata serta perlengkapan yang sangat sederhana. Tentara bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang. Bila kita dapat meneladani pribadi Jenderal Soedirman, maka Prajurit Infanteri akan menjadi kuat secara fisik, bermental baja memegang teguh nilai-nilai idealisme, serta Prajurit yang rendah hati dan dicintai rakyatnya.

Para Prajurit Peserta Peleton Beranting, kami mengharapkan agar dapat memanfatkan waktu disetiap tempat pergantian pasukan untuk bersilaturahmi dan berkomunikasi dengan masyarakat. Sehingga nilai kemanunggalan TNI dengan Rakyat selalu terjaga dengan kokoh. Ingat amanat Jendral Besar Soedirman mengatakan bahwa, Tentara dengan Rakyat ibarat Ikan dengan air tidak bisa dipisahkan. Selamat jalan, selamat bertugas, jaga faktor keamanan.

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...