Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Karanganyar – Babinsa merupakan ujung tombak teritorial atau garda terdepan dalam rantai Binter, yang memiliki peran penting dalam rangka menjaga keutuhan wilayah menegakkan kedaulatan negara. Sebagai ujung tombak Komando Kewilayahan, para Babinsa setiap saat akan bersentuhan langsung dan berada di tengah-tengah masyarakat, dimana sikap dan perilakunya akan senantiasa menjadi cermin bagi masyarakat.

Pelda Kristiawan Babinsa desa Plesungan anggota Koramil 17/Gondangrejo Kodim 0727/Karanganyar sudah melaksanakan koordinasi yang lama dijalankan dengan Bapak Budiyanto seorang warga yang memilih untuk tinggal di hutan dengan menggunakan rumah pohon di perkebunan Jati PT. Samijaya Desa Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar.

Dengan adanya perjuangan Babinsa dan pendekatan yang dilakukan oleh Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. akhirnya Bapak Budiyanto mau direlokasi ke Rukan (Rumah Kantor) Babinsa di Desa Tuban Jalan Solo Purwodadi Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar untuk sementara. Karena rumah yang dialokasikan untuk Bapak Budiyanto belum selesai di bangun.

Memang tidak mudah untuk meyakinkan orang seperti halnya Budiyanto yang setiap mau direlokasi dari rumah pohonnya, selalu tidak mau dan menolak. Akan tetapi Letkol Inf Muchtar di dampingi Babinsa dengan ke gigihannya dan selalu pantang menyerah akhirnya membuahkan hasil.

Dengan adanya  koordinasi tersebut Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. bersama Mayor Inf Sukamdi dan rombongan dari Korem 074/Warastratama mendampingi relokasi pemindahan rumah Bapak Budiyanto sekeluarga. Rabu (20/12/17)

Dandim mengatakan bahwa dengan pindahnya Bapak Budiyanto sekeluarga adalah suatu bentuk upaya untuk mensejahterakan rakyat di wilayah binaannya, khususnya di Kabupaten Karanganyar. Perwira Akmil lulusan tahun 1999 silam tersebut mengarahkan kepada Bapak Budiyanto, agar jangan berfikiran untuk kembali lagi menempati rumah pohon yang ada di hutan. Karena sangat beresiko dengan keamanan Bapak Budiyanto sekeluarga. Orang nomor satu di Kodim Karanganyar tersebut juga akan membantu biaya sekolah anak-anak Bapak Budiyanto,”tegasnya.

Letkol Inf Muchtar berpesan untuk Babinsa “Saya mengharapkan agar menjadi contoh tauladan yang baik, mampu menjadi pelopor dan penggerak dalam usaha untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat di desa binaan masing-masing,”pesannya.

(Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Militansi Wakil Bupati Karanganyar

Adila Hermulia Putri Harumkan Kodim 0727/Karanganyar