Kamis, 07 September 2017

Para Babinsa Tingkatkan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Bidang Peternakan


Karanganyar - Para Babinsa Kodim 0727/Karanganyar Tingkatkan Kemampuan Aparat Komando Kewilayahan Bidang Peternakan. Seluruh Babinsa tampak sangat antusias mengikuti pembekalan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Karanganyar oleh Bapak Budi Wasito.S,pt, bertempat diruang data Makodim. Kamis (07/9)

Budi menjelaskan ternak Sapi sama Kambing lebih menarik, efektif dan efisien, Hal itu dapat dilihat dari sisi berikut; Kambing Prolifik beranak lebih dari 1 ekor dari pada Sapi, kalau sapi kebanyakan beranak 1 ekor saja. Kambing mempunyai umur reproduksi lebih pendek dibandingkan umur reproduksi sapi. Kambing pakannya lebih efisiensi penggunaannya dibandingkan pakan sapi yang cukup banyak, karena postur tubuhnya yang lebih besar.

Untuk kambing lebih efisiensi penggunaan lahan/kandangnya, kalau Sapi harus memerlukan lahan dan kandang yang lebih luas. Harga bibit kambing lebih terjangkau dibandingkan harga bibit Sapi.

Secara umum kebutuhan pakan untuk ternak kambing kurang lebih 10-20% dari bobot kambing tersebut. Jadi sangat efisien sekali pakannya, selain pakan rumput, kambing juga mau makan daun-daun muda tumbuhan. Apabila tidak ada rumput dan dedaunan hijau, kambing bisa dikasih makan dengan kosentrad dan bekatul.

Supaya kambing tetap hidup sehat dan berkembang dengan baik selain diberi pakan, juga perlu diperhatikan adalah kandangnya. Untuk pembuatan kandang kambing yang baik harus meliputi aspek-aspek sebagai berikut; Tempat/Kandang harus kering, jangan sampai tergenang air maupun lembab, Kandang harus memiliki ventilasi, agar sirkulasi udara lancar, Kandang harus mendapatkan sinar matahari yang cukup, Usahakan letak kandang agak jauh dari rumah dan sumur,”tutur Budi.(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...