Minggu, 10 September 2017

Serka Handoko Babinsa Memberikan Materi Supra Rasional dan Bela Negara


Karanganyar - Koramil 08/Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar bertindak sebagai guru militer, memberikan materi Supra Rasional dan Bela Negara. Jumat (08/9), 

Berfikir dengan cara supra rasional dapat lebih memperkuat komitmen bela negara pada diri dan orang lainnya. Berfikir secara supra rasional dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

1.      Manusia terdiri dari jiwa dan raga, untuk mendapatkan jiwa yang tenang dan bersih, kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Diantaranya dengan cara, melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Selain kita harus mencintai Allah SWT, kita juga harus mencintai sesama manusia dan cinta tanah air juga merupakan Kebutuhan jiwa.

2.      Sedangkan untuk kebutuhan raga, agar raga kita selalu sehat kita harus rajin berolah raga yang teratur. Istirahat yang cukup dan makan-makanan yang bergizi yang mengandung empat sehat lima sempurna. Untuk makan makanan yang kita konsumsi, tentunya harus yang Halal.

Kita harus merencanakan kesusahan, kenapa kesusahan kok harus direncanakan, karena kesushan datangnya tidak terduga/tiba-tiba. Dengan kita merencanakan kesusahan, InsyaAllah kita tidak akan merasa susah. Karena kesusahan tersebut sudah kita rencanakan dan kita atasi dengan rencana-rencana tersebut.

Berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala, karena dinilai pahala itu lebih baik dari pada uang. Kenapa bisa demikian, karena sesungguhnya pahala adalah tabungan rezeki yang tidak disangka-sangka (baik materi maupun non materi) dicairkan melalui doa. Karena kelak pada akhir zaman, yang bisa menolong kita semua adalah pahala tersebut. Uang, harta benda, jabatan sekalipun tidak akan dapat menolong kita. Kalau kita ingin sering-sering mendapatkan pahala, maka kita harus sering-sering mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Apalagi diantara cara berpikir Supra-rasional tersebut sudah kita jalankan. Maka jiwa Bela Negara kita dengan sendirinya akan tumbuh. Kita semua akan lebih mencintai tanah air.(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...