Rabu, 20 Juni 2018

Latihan Posko I Kodim 0727/Karanganyar Resmi di Tutup


Karanganyar – Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono resmi tutup Latihan Posko I Kodim 0727/Karanganyar. Jum’at (08/6)

Dalam kesempatan ini Danrem mengungkapkan dengan selesainya Latihan Posko I Kodim 0727/Karanganyar yang dilaksanakan dari tanggal 6 s-d 8 Juni 2018, saya selaku Komandan Korem 074/Warastratama menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada penyelenggara, pelaku, pendukung dan segenap pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan latihan ini. Sehingga latihan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan rencana.

Sesuai dengan tujuan Latihan Posko I ini yakni untuk melatih mekanisme hubungan Komandan dan Staf serta untuk mengantisipasi potensi ancaman bencana alam yang dapat terjadi di Wilayah Karanganyar. Selain itu kegiatan ini juga merupakan upaya pimpinan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Kowil dalam mengambil keputusan guna menghadapi kondisi dan situasi wilayah, sehingga dapat berlangsung aman, lancer dan sukses.

Perlu saya sampaikan hasil evaluasi dari pelaksanaan latihan Posko I Kodim 0727/Karanganyar yang telah dilaksanakan selama tiga hari ini yakni mekanisme prosedur hubungan Komandan dan Staf belum berjalan dengan baik sehingga masih terlihat vakum dan berjalan masing-masing. Selanjutnya untuk mekanisme pengendalian operasi sudah berjalan tetapi masih kurang aktif karena koordinasi antar staf terkait tidak terlihat seperti mekanisme sehari-hari atau masih kaku.

Padahal kita ketahui bersama bahwa koordinasi menjadi bagian yang sangat penting dan menentukan bagi keberhasilan suatu pelaksanaan tugas yang melibatkan berbagai pihak, unsur dan instansi terkait yang memiliki garis komando dan mekanisme kerja masing-masing. Koordinasi ini akan terwujud bila masing-masing pihak memiliki pemahaman tentang prosedur atau mekanisme kerja yang berlaku, sehingga akan terbentuk standar operasi bersama dalam rangka keberhasilan tugas yang dihadapi.

Selanjutnya saya berharap dari hasil evaluasi tersebut hendaknya selalu diingat sebagai bekal pelaksanaan tugas sehari-hari maupun tugas-tugas yang akan datang, yang sudah baik dipertahankan dan kekurangan-kekurangan yang telah dievaluasi diperbaiki dan ditingkatkan lagi sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.

Oleh karena itulah, semua materi yang telah diperoleh hendaknya terus dikaji dan diulangi setiap ada kesempatan agar latihan posko seperti ini tidak hanya bersifat kegiatan rutin yang membawa manfaat sesaat tetapi benar-benar mampu mencetak prajurit TNI yang handal dan professional dalam arti siap menghadapi dinamika tantangan tugas masa depan apa pun bentuknya.

Akhirnya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, dan bimbingan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan Negara yang sangat kita cintai,”Pungkas Danrem.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Ajak Warga Laksanakan Patroli Satu Jam Sekali

Kodim Karanganyar – Tingkatkan keamanan wilayah binaannya Babinsa Desa Gondamgmanis Kopka Sriyono menyambangi warga yang sedang melaksa...