Selasa, 26 Juni 2018

Dandim 0727 Karanganyar Menghadiri Latihan Posko I Kodim 0728/Wonogiri


Karanganyar - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. menghadiri pembukaan Gladi Posko I Kodim 0728/Wonogiri, di Ruang Rapat Makodim 0728/Wng. Senin (25/6)

Dalam sambutannya Danerm 074/Warastratama Kolonel Inf Widi Prasetijono menyampaikan, ”Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama melaksanakan Briefing pembukaan Latihan Posko I Kodim 0728/Wonogiri dalam keadaan sehat, selamat dan sejahtera. 

Latihan Posko I Kodim 0728/Wonogiri merupakan metode Iatihan taktis, tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam, pengungsian serta pemberian bantuan kemanusiaan. 

Selain itu juga untuk mengetahui sejauhmana kesiapan operasional jajaran Kodim 0728/Wonogiri, khususnya dalam mengimplementasikan protap-protap yang ada. Menguji kemampuan dalam menjalankan koordinasi di tingkat Kodim, termasuk didalamnya unsur Pemerintah Daerah dan Polri serta instansi terkait dalam wadah BPBD (Baden Penanggulangan Bencana Daerah) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dibidang pengawasan dan pengendalian sebagai mekanisme dalam mengantisipasi berbagai dinamika dan permasalahan bencana alam yang berkembang dalam masyarakat di wilayah Wonogiri dan Eks Karesidenan Surakarta pada umumnya.

Latihan ini sekaligus merupakan uji protap dalam menghadapi berbagai permasalahan yang mungkin timbul dalam pelaksanaan tugas diwilayah, dengan kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat. Sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah. 

Persoalan-persoalan yang dilemparkan dalam Iatihan ini tidak terlepas dari tugas pokok Kowil. Persoalan dan materi yang disampaikan oleh Wasdal harus dapat dipahami dengan baik, diperanggapkan sebagai peristiwa yang benar-benar terjadi. Kemudian dicari langkah yang tepat untuk mengatasi persoalan tersebut dengan memberdayakan semua alat peralatan dan fasilitas yang dimiliki.

Dalam Iatihan ini diskenariokan Kodim 0728/Wonogiri melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam yang akan terjadi di wilayah. ‘ Hal ini merupakan penjabaran dari UU No. 34 Tahun 2004, tentang TNI pasal 7 ayat (2).b. yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP). 

Setelah mengikuti Iatihan ini setiap peserta Iatihan diharapkan memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih tinggi terhadap setiap perkembangan yang terjadi. Saya minta agar latihan posko ini dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, guna meningkatkan kemampuan kita dalam mendukung pelaksanaan tugas yang akan datang.

Sebelum mengakhiri sambutan ini ada beberapa penekanan yang harus dipedoman oleh peserta Iatihan posko sebagai berikut:
Pertama: Laksanakan Iatihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh disiplin serta semangat yang tinggi, agar tujuan dan sasaran Iatihan yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai dengan keinginan dan harapan Pimpinan.
Kedua: Gunakan Iatihan ini sebagai wahana belajar dan berlatih serta terapkan kemampuan maupun ketrampilan yang dimiliki, sehingga menjadi Prajurit Kowil yang profesional dan handal serta mengerti prosedur hubungan komando dan staf. 
Ketiga: Hindari kegiatan Iatihan yang bersifat monoton dan membosankan, serta upayakan aplikasi dan realisme Iatihan mendekati sebenarnya.
Empat: Ambil manfaat yang sebesar besarnya dari Iatihan ini dan hindari pelanggaran sekecil apapun dalam pelaksanaan Iatihan Posko ini.
Kelima: Adakan koordinasi dengan pihak terkait guna kelancaran pelaksanaan Iatihan posko I ini.

Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semuanya, dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini,”tegas Danrem.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang

KodimKaranganyar - Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang KodimKaranganya...