Lomba Pemanfaatan TOGA


Karanganyar - Lomba pemanfaatan TOGA (Taman Obat Keluarga) merupakan wujud peran serta masyarakat dibidang kesehatan, melalui Upaya Kesehatan Bersumber daya masyarakat (UKBM) melalui TOGA. Oleh karena itu, TOGA diharapkan dapat menunjang kesehatan sebagai upaya preventif, kesejahteraan, keindahan lingkungan, pelestarian tanaman dan budaya serta sebagai sumber penyediaan bahan baku obat tradisonal.

Acara tersebut dilaksanakan di gedung pertemuan RW dan lingkungan 01 desa Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Dilaksanakan penilaian Lomba Pemanfaatan TOGA tingkat Kabupaten, kegiatan ini dihadiri oleh rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Kapolsek Jaten, SekCam Jaten, Babinsa desa Ngringo Serka Basrowi yang sekaligus anggota Koramil 04 Jaten dan Bhabinkamtibmas, Ibu-ibu PKK RW19 desa Ngringo.

Adapun indikator yang dinilai antara lain :

a. Ketersediaan taman obat dalam rumah tangga di tiap desa.
b. Jumlah tanaman dan jumlah rumpun per tanaman obat.
c. Pengetahuan tentang manfaat tanaman obat.
d. Pemanfaatan TOGA untuk pengobatan.
e. Cara mengolah tanaman obat.
f. Pemanfaatan toga untuk penghijauan.
g. TOGA sebagai tanaman pekarangan/tanaman hias.

Tanaman obat di halaman rumah sangatlah bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan keluarga yang mandiri. Pembangunan kesehatan merupakan bagian yang penting dalam pembangunan nasional. Jadi apabila kita menanam tanaman obat di perkarangan atau lingkungan rumah, kita sudah ikut menyumbang melakukan pembangunan nasional. Minimal kalau ada keluarga sakit ringan bisa di obati secara mandiri.

Melalui kegiatan ini, diharapkan minat masyarakat untuk menggali potensi tanaman obat lebih dalam lagi serta dapat memanfaatkan lahan sekecil apapun baik itu di rumah maupun di kebun untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Selain itu, bisa juga meningkatkan perekonomian dengan menjualbelikan hasil olahan dari tanaman obat-obatan tersebut.

(04-Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar