Selasa, 08 Januari 2019

Asah Kemampuan Anggota Kodim 0727/Karanganyar Menggelar Latihan Perorangan Dasar



Karanganyar - Kodim 0727/Karanganyar menggelar Latihan Perorangan Dasar atau yang biasa disebut Latorsar. Kegiatan latorsar kali ini dilaksanakan terpusat di Makodim, seluruh anggota pun cukup antusias dalam melaksanakan latihan. Selasa (08/01/19)

Kegiatan latihan perorangan tersebut bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan sekaligus untuk mengetahui tingkat kemampuan dan ketrampilan perorangan yang harus dikuasai setiap prajurit. Sesuai tingkat kecakapan dalam BPUP (Buku Pedoman Umum Prajurit) yang disandangnya. Materi-materi yang diberikan dalam latihan tersebut merupakan materi-materi dasar sesuai dengan BPUP 1-7 antara lain Nikpur, Pam & Intelijen, Ilmu Medan, Pengetahuan senjata, Menembak, Pionir, Komunikasi, dan Longmalap (Pertolongan pertama lapangan).




Selain itu para Prajurit juga diberikan materi-materi teritorial, diantaranya pengetahuan pembinaan teritorial, membuat bagan teritorial, membuat peta jarak, teknik mengumpulkan data teritorial dan lain sebagainya. Adapun metode latihan yang digunakan yaitu dengan ceramah, audio, visual, diskusi, peninjauan (pengamatan), peragaan (demonstrasi), praktek lapangan dan aplikasi.




Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. berpesan, setelah diadakanya latorsar ini, hendaknya seluruh prajurit benar-benar mengerti dan memahami. Sehingga materi yang telah diberikan betul-betul bisa diterima, dengan tujuan ilmu yang sudah didapat nantinya dapat diterapkan di masyarakat.

Apalagi bagi para Babinsa yang langsung berhubungan dengan masyarakat di wilayah binaannya masing-masing. Meskipun kegiatan seperti ini sudah sering kita laksanakan, keberhasilan latihan bukan diukur dari telah selesainya kegiatan tersebut. Akan tetapi yang lebih utama adalah sejauh mana kesiapan satuan dalam menghadapi tugas yang akan datang,”tegas Muchtar.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...