Selasa, 22 Januari 2019

Babinsa Desa Macanan Koramil 03 Kebakkramat Gotong Royong Rehab RLTH di Wilayah Binaannya





Karanganyar - Babinsa Koramil 03/Kebakkramat Sertu Suhartoko bersama dengan anggota yang lain ikut membantu merenovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Bapak Wahono (58), warga Dusun Dukuhan RT 01 RW 05 Desa Macanan Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Senin (21/01)

Program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini berawal dari rombongan KKN Mahasiswa yang melaksanakan Study Banding di Desa Macanan selama kurang lebih 2 minggu. Ternyata para mahasiswa ini melihat kondisi dari rumah Bapak Wahono yang sangat memprihatinkan, sehingga mengunggah kondisi rumah tersebut ke media sosial dan ternyata menjadi viral.


Babinsa Desa Macanan Sertu Suhartoko menuturkan "Memang benar bahwa rumah bapak Wahono kondisinya sangat memprihatinkan, rumah berukuran 6x3 meter tersebut lantainya masih berupa tanah dengan atap genting yang sudah pada bocor. Sedangkan kondisi usuk dan reng dari bambu yang sudah pada lapuk, sehingga rentan sewaktu waktu bisa roboh dan yang lebih memprihatinkan lagi mereka tidur di lantai tanah menggunakan tikar, bahkan sumur dan MCK saja mereka tidak punya".


Perlu diketahui bahwa Bapak Wahono bekerja sehari hari memelihara beberapa kambing milik orang dengan sistem bagi hasil, beliau tinggal serumah bersama istrinya Ibu Poniyah (54) yang duduk di kursi roda. Karena menderita sakit asam urat dan gula serta seorang anaknya Margono (24) yang bekerja sebagai buruh pabrik.




Bupati Karanganyar Bapak Drs. H Juliyatmono MM setelah mengetahui di wilayahnya ada warga masyarakat yang sangat kurang mampu, memberikan bantuan uang kurang lebih 15 juta rupiah untuk dilaksanakan program RTLH dan ternyata mendapat respon yang sangat positif dari kalangan masyarakat untuk ikut serta memberikan bantuan baik uang maupun sembako.




Agar dalam pelaksanaannya tidak terjadi kendala, maka dilakukan beberapa langkah maupun fase bantuan dengan melibatkan unsur TNI sebagai pendamping di lapangan di bantu oleh Polsek, relawan dan masyarakat.




Proses renovasi RTLH ini merupakan momentum yang sangat penting bagi TNI khususnya Babinsa, karena dalam kegiatan ini Babinsa memiliki ruang berkomunikasi sosial dengan masyarakat. Sehingga selalu terbangun soliditas yang baik antara Babinsa dengan Rakyat.




Danramil 03/Kebakkramat Kapten Cba Suryanto mengatakan bahwa "Dengan kegiatan gotong royong ini dapat memberi manfaat lebih dan akan memupuk rasa persatuan serta persaudaraan yang erat antara TNI, khususnya Babinsa dengan masyarakat agar tercipta soliditas dan rasa empati yang tinggi untuk saling bekerjasama dalam segala hal.


(03-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senam Bersama Sebagai Wujud Kekompakan Anggota Persit

KodimKaranganyar –  Senam Bersama Sebagai Wujud Kekompakan Anggota Persit KodimKaranganyar  –  Senam Bersama Sebagai Wujud Kekompakan ...