Minggu, 29 Oktober 2017

Danramil Peringati Sumpah Pemuda di Kantor Kecamatan

Karanganyar - Peringatan Sumpah Pemuda adalah sebuah momentum kebangkitan pemuda, yang bertempat di halaman Kantor Kecamatan Karanganyar. Sabtu (28/10/17).

Komandan Koramil 01/Karanganyar Kodim 0727/Karanganyar Kapten Wardiyo, Kapolsek Karanganyar AKP Ridhwan, SH dan seluruh Lurah serta perangkat desa se-Kecamatan Karanganyar ambil bagian dalam upacara memperingati hari Sumpah Pemuda.

Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara dr. Agung Respati bahwa 89 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Kramat Raya, daerah Kwitang, Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia.

Sumpah Pemuda dibacakan di arena Konggres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah. Kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka, sehingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya.

Dalam sebuah kesempatan Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda,   Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air, tapi ini bukan tujuan akhir.” Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Presiden RI (Ir. Joko Widodo) yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan Indonesia.

Presiden telah menandatangani PP Nomor 66 Tahun 2017 pada Bulan Juli 2017 yang lalu. PP tersebut tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. Kini saatnya kita Berani Bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia.

Danramil menyampaikan, dalam acara Hari Sumpah Pemuda kali ini diharapkan kemajuan perekonomian, kemajuan teknologi di kancah Internasional. Membangun karakter pemuda yang peduli dan profesional akan mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinnekaan, sekaligus sebagai pemersatu bangsa. Peringatan sumpah pemuda kali ini, harus dijadikan sebagai tahun kebangkitan ekonomi, kesuksesan pembangunan yang berkelanjutan, mewujudkan bangsa Indonesia yang maju, mandiri, profesional, solidaritas, dan integritas, guna menuju bangsa yang sejahtera dan bermartabat.

Lebih lanjut Wardiyo menyampaikan bahwa Peringatan Sumpah Pemuda kali ini adalah penting, khususnya para generasi muda kita agar mengerti bahwa Kemerdekaan Republik Indonesia diawali dengan Sumpah Pemuda yang dapat menghilangkan sifat kedaerahan," tegasnya.

(01-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TMMD Reg 105 Terpantau Langsung Pawas Dari Kodim 0723 Klaten

Karanganyar – TMMD Reg 105 Kodim Klaten | TMMD Reg 105 Terpantau Langsung Pawas Dari Kodim 0723 Klaten Telah dilaksanakannya TMMD Reg 1...