Selasa, 31 Oktober 2017

Babinsa Latih Kedisiplinan dan Karakter Siswa SMK

Karanganyar – Dalam rangka melatih kedisiplinan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air terhadap bangsa dan negara, Babinsa Gedong Koramil 01/Karanganyar Kodim 0727/Karanganyar Serka Rudi memberikan pelatihan PBB dan materi wawasan kebangsaan kepada siswa siswi SMK Penda 2 Karanganyar di lapangan Kelurahan Popongan Kecamatan Karanganyar. Selasa (31/10/17)

Materi kegiatan pelatihan PBB yang diberikan meliputi PBB ditempat maupun PBB berjalan yang terdiri dari sikap sempurna, istirahat ditempat dengan benar, penghormatan, lencang depan, lencang kanan, jalan di tempat, maju jalan, langkah tegap maju dan langkah ke kanan/kiri, dengan dilaksanakan latihan ini, diharapkan mental para siswa siswi SMK Penda 2 Karanganyar lebih siap dan lebih mandiri lagi.

Babinsa mengatakan, bahwa dengan adanya pelaksanaan kegiatan latihan ini, maka secara tidak langsung kita semua telah membantu pihak sekolah khususnya dan pihak pemerintah Kabupaten Karanganyar pada umumnya. Dalam menyiapkan generasi mudanya agar penuh dengan motivasi dan berkarakter serta menjauhkan generasi muda dari hal-hal negatif, dengan cara disibukkan pada serangkaian kegiatan pembinaan ekstra kurikuler di lingkungan sekolah.

Pelatihan PBB sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya watak seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan kebersamaan," ungkap Rudi.

Wakil Kepsek urusan kesiswaan Bapak Yakup S.pd menyampaikan, tujuan kegiatan seperti ini untuk membentuk jiwa siswa  yang tanggap, tangguh dan trengginas, serta memiliki iman dan taqwa serta memiliki bekal pengetahuan kepemimpinan dan kemandirian saat menghadapi masalah dan penyelesaiannya. Siswa diharapkan mampu menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin, menanamkan sikap mandiri, tanggung jawab dan rasa memiliki yang kuat sebagai calon pemimpin.

Para siswa juga harus diasah kemampuan berorganisasi, administrasi, motivasi serta latihan mengasah keterampilan melalui kegiatan-kegiatan LDK sekaligus mengolah mental, fisik dan rohani.

Danramil 01/Karanganyar Kapten Wardiyo menambahkan bahwa dengan dilatihkannya PBB kepada siswa-siswi diharapkan dapat mengerti maksud dari pelatihan PBB tersebut. Dan mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing. “PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam serta mengatur emosi,”terangnya.

Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Koramil 01/Karanganyar dalam dunia pendidikan dan merupakan bentuk rasa tanggung jawab TNI khususnya TNI-AD dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan.

(01-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serka Maryadi Pantau Penggilingan Padi Di Wilayah Binaannya

KARANGANYAR — Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah bekerjasama dengan TNI, Serka Maryadi Babinsa Des...