Sabtu, 21 Oktober 2017

Babinsa Jongke Tanamkan Disiplin Perkuat Wawasan Kebangsaan Siswa

Karanganyar - Babinsa Jongke Koramil 01/Karanganyar Kodim 0727/Karanganyar Serka Daryono tidak asing namanya disebagian kalangan para guru dan pelajar di Kabupaten Karanganyar. Sudah banyak para alumni siswa siswi baik sekolah negeri dan swasta yang mendapatkan pelatihan outbound, latihan dasar kepemimpinan, PBB dan banyak hal yang menunjang kegiatan ekstra kurikuler dalam pendidikan.

Bertempat di Bukit Limas Telaga Dlingo Gondosuli Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Serka Daryono membantu mengajar para guru dan siswa siswi SMK Negeri Ngargoyoso dengan materi wawasan kebangsaan (Wasbang), PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan Survival dengan alam. Sabtu  (21/10/17)

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan teritorial Apkowil di wilayah,”ujar Komandan Koramil 01/Karanganyar Kapten Wardiyo.

Dikatakan pula, selain materi wawasan kebangsaan Babinsa juga memberikan pembinaan penanaman materi kedisipinan, latihan baris-berbaris dan survival dengan alam, sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam mengkaji ilmu yang diberikan. Agar kedepan bisa ikut membangun daerahnya menjadi lebih maju, yakni dengan menjadikan diri sebagai teladan yang dampaknya sangat positif dikemudian hari.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan keanekaragaman suku, budaya adat istiadat serta agama, tetapi jangan menjadi perbedaan sebagai perpecahan melainkan kita tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan. Karena perbedaan itu juga ciptaan Tuhan jadi jangan kotori persatuan dengan permusuhan apalagi pertikaian, hal ini sangat bertolak belakang dengan budaya bangsa kita. Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu jua,”ungkap Wardiyo.

Dalam kesempatan yang sama Kepala SMK Negeri Ngargoyoso Sri Eka Lelana SP.d, juga menyatakan sikap, bahwa “Melalui program kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu sekolah, terutama untuk membentuk pribadi-pribadi siswa yang tangguh dalam menghadapi setiap tantangan dan perubahan zaman. Pelatihan disiplin bagi para siswa tentunya akan sangat mendukung, sebab dengan demikian mental dan fisik mereka mulai kita benahi dan kita tata sedini mungkin agar sasaran pembangunan manusia sektor pembinaan mental akan segera terwujud.

Kehadiran TNI dari Koramil membuat kami bangga dan semakin dekat, Kepala Sekolah sangat berharap bukan saja pada materi ini saja melainkan pada materi-materi lainnya, sehingga imbasnya dari kegiatan ini akan menerapkan siswa mematuhi setiap aturan yang berlaku di Sekolah ini,”ujarnya.

Disamping membantu kegiatan mengajar, prajurit TNI juga memberikan  dorongan untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib, sopan dan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari baik dilingkungan masyarakat maupun pada lingkungan pendidikan itu sendiri.

(01-Pendim 0727)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TMMD Reg 105 Terpantau Langsung Pawas Dari Kodim 0723 Klaten

Karanganyar – TMMD Reg 105 Kodim Klaten | TMMD Reg 105 Terpantau Langsung Pawas Dari Kodim 0723 Klaten Telah dilaksanakannya TMMD Reg 1...