Minggu, 29 Oktober 2017

Danramil Jadi Narasumber Hari Sumpah Pemuda Karangtaruna/Karangtaruni Kelurahan Bolong

Karanganyar - Komandan Koramil 01/Karanganyar Kodim 0727/Karanganyar Kapten Wardiyo bekali materi Wasbang (wawasan kebangsaan) dan menjadi narasumber dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 TA. 2017 Karangtaruna/Karangtaruni Kelurahan Bolong, bertempat di balai Kelurahan Bolong Kecamatan Karanganyar. Sabtu (28/10/17)

Dalam materinya Danramil menjelaskan tentang arti secara umum pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme. Danramil juga menyampaikan tentang cinta tanah air dan Bhineka Tunggal Ika.

Kapten Wardiyo menyampaikan, hari Sumpah Pemuda ke 89 kali ini mempunyai thema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu” yang intinya menyampaikan bahwa pada 89 tahun yang lalu para pemuda dari berbagai penjuru tanah air menyatukan diri melaksakan konggres dan mengikrarkan ‘Sumpah Pemuda” yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah Bangsa Indonesia.

Arena konggres yang dihadiri oleh pemuda lintas suku, lintas agama dan lintas daerah tersebut benar-benar mampu melahirkan ikrar yang mendasari perjuangan. Selanjutnya Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya saat itu, 17 tahun kemudian baru berhasil memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.

Lebih lanjut Wardiyo mwnjelaskan, dengan berbagai kesulitannya baik keterbatasan transportasi, keterbatasan alat komunikasi dan lain-lain. Akan tetapi dengan semangat para pemuda dari berbagai tempat tersebut mampu berkumpul disatu tempat demi kepentingan Bangsa Indonesia. Mereka rukun bersatu, sehingga mampu membulatkan tekad perjuangannya, hingga Bung Karno pun menyampaikan pesannya “Jangan Kau Warisi Abu Sumpah Pemuda, Tapi Warisilah Api Sumpah Pemuda”.

Danramil mengajak semua pihak untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, stop berbagai bentuk perdebatan yang memicu timbulnya perpecahan. Mari kita melangkah maju untuk mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pemuda adalah aset strategis Bangsa Indonesia yang harus selalu kita kawal dan kita jaga.

Karena ditangan merekalah nantinya masa depan Bangsa Indonesia ini, untuk itu saya berharap kepada para generasi muda untuk bangkit, yang pelajar dan mahasiswa belajarlah dengan rajin dan tekun, serap dan kuasi ilmu pengetahuan untuk bekalnya nanti. Bagi pemuda mari kita isi kemerdekaan ini dengan menjalankan bidang profesi masing-masing secara baik dan benar demi Bangsa dan Negara Indonesia.

Dalam pembinaan generasi muda, Danramil menyatakan bahwa tanggung jawab pembinaan generasi muda adalah tanggung jawab kita semua. Namun Kodim 0727/Karanganyar serta jajaran TNI lainnya juga telah melakukan pembinaan-pembinaan diantaranya melalui Pramuka Saka Wira Kartika, Pemberian materi wawasan kebangsaan disekolah-sekolah dan kampus dan lain-lain dalam rangka membekali generasi kita,”pungkas Danramil.

(01-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang

KodimKaranganyar - Babinsa Mojogedang Hadiri Pertemuan IPHI Rutin Jum'at Legi di Gedung IPHI Kecamatan Mojogedang KodimKaranganya...