Sabtu, 21 Oktober 2017

Serda Sukarmo dampingi Gapoktan Ngudi Makmur Cangakan Sukseskan Swasembada Pangan

Karanganyar - Dalam rangka upaya mensukseskan program pemerintah untuk mencapai swasembada pangan Babinsa Cangakan Serda Sukarmo anggota Koramil 01/Karanganyar Kodim 0727/Karanganyar bersama Gapoktan Ngudi Makmur di wilayah binaannya melaksanakan studi banding di PT. Nasa (Natural Nusantara) Jln. Siliwangi No.72 Ring Road Jogjakarta, Sabtu (21/10/17)

Berbagai strategi ditempuh oleh jajaran terkait, mulai dari Gerakan Pelaksanaan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT), Program perluasan Areal Tanam (PAT) sampai kepada program pendukung seperti perbaikan jaringan irigasi dan bantuan pupuk melalui program Optimasi Lahan Gapoktan Ngudi Makmur Cangakan selalu di dampingi Babinsa, PPL  dan Dinas terkait Pemkab Karanganyar  untuk mencapai program pemerintah Swasembada Pangan.

Dari sisi sumberdaya manusia, Pemkab Karanganyar melalui Balai Diklat Pertanian banyak menyelenggarakan berbagai pelatihan yang bersifat teknis, baik bagi petugas maupun bagi petani, namun upaya tersebut ternyata belum cukup. Perlu ada upaya lain untuk meningkatkan kompetensi petani diberbagai komoditas baik padi, jagung maupun kedele.

Salah satu upaya yang dilakukan Gapoktan Ngudi Makmur Kelurahan Cangakan adalah menyelenggarakan Studi Banding bagi petani pelaksana program peningkatan hasil panen.

Studi Banding dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Oktober 2017, dengan tujuan PT. Natural Nusantara Jogkakarta. Peserta Studi Banding berjumlah 57 orang bersama pendamping dari PPL 1 orang dan 1 orang Babinsa Kelurahan Cangakan Anggota Koramil 01/Karanganyar .

Dalam sambutannya Wakil Direktur PT. Nasa , Bapak Agus Hakim mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan menimba ilmu serta pengalaman dari kita untuk kita. Harapannya setelah kembali ke Karanganyar para petani dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya masing-masing. Agus membahas tentang hasil panen lebih banyak dan produk obat yang sudah di olah bahan organik untuk tanah lebih subur.

Sementara itu, Babinsa Cangakan Serda Sukarmo mengatakan kebanggaannya, karena petani binaannya dapat melaksanakan studi banding dan mudah-mudahan kunjungan kali ini dari Gapoktan Ngudi  Makmur dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar mengatakan, sebenarnya tidak sulit bagi pemerintah untuk meraih predikat Swasembada Pangan padi, jagung dan kedele (Pajale), ada 3 faktor utama yang harus mendapatkan perhatian dari pemerintah yaitu: 1. Ketersediaan benih yang berkualitas, 2. Ketersediaan pupuk yang cukup, 3. Ada jaminan harga untuk menggairahkan petani untuk terus menanam Pajale,"pungkasnya.

(01-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Forkopimca Jenawi Dampingi Pemasangan Sticker PKH dan BPNT

Kodim Karanganyar -  Forkopimca Jenawi Dampingi Pemasangan Sticker PKH dan BPNT Kodim Karanganyar   -  Forkopimca Jenawi Dampingi Pemas...