Briefing Penutupan Latihan Posko II "Sirnaning Jakso 18" Yonif Raider 408/Suhbrastha Tahun 2018


Karanganyar - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. sebagai Wasdal Latihan Gladi Posko II Yonif Raider 408/Suhbrastha Ta 2018 di Desa Ngasem, Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar. Kamis (19/7)

Sambutan Danrem 074/Warastratama yang dibacakan oleh Letkol Inf Muldoko menyampaikan, “Dengan selesainya Latihan Posko II Yonif Raider 408/Suhbrastha yang dilaksanakan dari tanggal 17 s-d 19 Juli 2018, saya selaku Komandan Korem 074/ Warastratama menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada penyelenggara, pelaku, pendukung dan segenap pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan Iatihan ini. Sehingga Iatihan dapat berjalan dengan aman, tertib, Iancar dan optimal sesuai dengan rencana. Ini cerminan dari rasa tanggung jawab dan kesungguhan dalam upaya meningkatkan kualitas profesionalisme keprajuritan dalam mendukung keberhasilan tugas pokok.

Kegiatan Latihan Posko ini merupakan pembekalan kepada pelaku untuk dapat berbuat dan berfungsi sebagai suatu Batalyon yang siap melaksanakan tugas operasi. Hal ini merupakan pengalaman dan nilai tambah, sehingga dalam pelaksanaan tugas sebenarnya dapat mengerti bagaimana mekanisme prosedur hubungan Komandan dan Staf serta bagaimana unsur pelayan markas melaksanakan fungsinya dalam suatu tugas operasi.

Latihan ini akan menambah ketajaman dan kecermatan prajurit dalam menganalisa setiap permasalahan yang dihadapi secara cepat dan tepat khususnya untuk melaksanakan operasi pertempuran melalui pola Operasi Lawan Insurjensi (OLI). Sehingga kesiapan satuan Yonif Raider 408/Suhbrastha akan semakin mantap, karena telah mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang mekanisme hubungan Komandan dan Staf serta unsur pelayan markas dalam mengaplikasikan tehnik kerja staf, pelayanan Markas Komando, gelar posko dan pengamanan Markas Komando.

Perlu saya sampaikan bahwa hasil latihan Posko II Yonif Raider 408/Suhbrastha yaitu bahwa koordinasi antar staf belum berjalan dan penggunaan Alkom tidak dimaksimalkan serta terjadi keterlambatan dalam Iaporan maupun pengiriman dokumentasi ke Komando Atas. Kendati demikian saya sampaikan bahwa Click Latihan Posko II Yonif Raider 408/Suhbhrasta ini dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya dari hasil tersebut hendaknya selalu diingat dan dijadikan pedoman serta acuan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari maupun tugastugas yang akan datang. Yang sudah baik dipertahankan dan kekurangan-kekurangan yang telah dievaluasi oleh Wasdal hendaknya diperbaiki dan ditingkatkan Iagi, agar dapat mencapai hasil yang optimal. Diharapkan dapat memperbaiki kinerja satuan.

Selanjutnya kepada Danyonif Raidef 408/Suhbrastha segera lakukan evaluasi pelaksanaan Latihan Posko, untuk kekurangan dan kelemahan yang ditemukan selama penyelenggaraan Iatihan posko ini dapat menjadi pelajaran yang berharga dalam rangka memantapkan kesiapan Komandan Batalyon dan Staf khususnya untuk melaksanakan tugas Operasi pertempuran dengan menggunakan pola Operasi Lawan lnsurjensi (OLI). Guna mendukung tugas pokok Korem 074/Warastratama dalam rangka menegakkan kedauIatan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Akhirnya Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk bimbingan dan perlindungan kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara yang sangat kita cintai ini.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Komentar