Babinsa Dampingi Pengolahan Lahan dan Ndhaut Petani di Wilayah Binaan


Karanganyar - Kegiatan pengolahan lahan sawah milik bapak Suyoto dengan luas tanah 2600 M, yang akan di tanami padi lagi setelah pasca panen bulan ini. Babinsa Koramil 05/Mojogedang Serda Dwi Joko menjelang persiapan masa tanam melaksanakan pendampingan pengolahan lahan poktan  dusun Gebyok Rt 07/02 Desa Gebyok kecamatan Mojogedang Karanganyar. Selasa (03/7)

Serda Dwi yang saat ini di lokasi sawah mengungkapkan pengolahan lahan sawah melalui pembajakan dengan menggunakan traktor R2 ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah. Melalui pembajakan ini kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur dan melumpur, sehingga saat di tanami akar padi dapat tumbuh dan berkembang leluasa,”tuturnya.

Babinsa juga mendampingi “Ndaud petani, ndaud agar prosesnya berjalan dengan cepat maka perlu teknik. Pertama dengan kombinasi kedua tangan jari jari tangan kiri membelah benih, sedangkan tangan kanan mencabut bagian batang bawah dekat akar. Setelah itu benih dibersihkan dari lumpurnya dengan memukul mukulkan ke air (dikopyok).

"Pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan,”Demikian ungkap salah seorang kelompok Tani di Desa tersebut.

(05-Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar

Adila Hermulia Putri Harumkan Kodim 0727/Karanganyar