Selasa, 24 Juli 2018

Sosialisasi Cinta Rupiah Kodim 0727 Karanganyar


Karanganyar - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. beserta Perwira Staf, Danramil jajaran Kodim 0727/Karanganyar, ASN, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLVIII bersama Pengurus, Anggota Persit dan Masyarakat Desa Blorong mengikuti Sosialisasi Cinta Rupiah di Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Senin (23/7)

Pada kesempatan kali ini kami melakukan sosialisasi di tingkat Kodim, bagaimana mengenal rupiah. Ini ibarat  negara tanpa senjata,"kata Kepala BI Kantor Perwakilan Surakarta Agus Sutrisno di sela-sela acara sosialisasi kepada anggota TNI AD Kodim 0727/Karanganyar, PNS, Persit dan Masyarakat Blorong.

“Ia mengatakan selama ini TNI merupakan mitra strategis Bank Indonesia dalam menjalankan perannya sebagai bank sentral. BI dan TNI sudah banyak bekerja sama seperti pada pemberdayaan klaster dan mengecek harga di pasar untuk stabilitas inflasi. Dalam hal ini TNI menjaga stabilitas keamanan, sedangkan BI menjaga stabilitas rupiah," katanya.

Saat sosialisasi tersebut, pihaknya juga mengedukasi para peserta bagaimana cara memperlakukan uang dengan benar. Salah satunya dengan memberikan pemahaman lima jangan, yaitu jangan disteples karena uang yang berlubang dianggap tidak layak edar. Selanjutnya jangan dicoret, jangan dilipat, jangan diremas, dan jangan dibasahi," katanya.

Kedepan, pihaknya juga berencana akan melibatkan anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) terkait sosialisasi cinta rupiah ini. TNI kan punya struktur paling lengkap mulai dari tingkat kota/kabupaten hingga desa yaitu Babinsa. Babinsa ini bisa diberi bekal untuk bagaimana memberikan pemahaman mengenai 3D (dilihat, diraba, diterawang, red) kepada masyarakat. Ini akan bagus sekali. Babinsa ini bisa mengidentifikasi rupiah menjadi kekuatan yang sangat baik. Selain itu, pada sosialisasi tersebut pihaknya juga memberikan sosialisasi mengenai kebanksentralan kepada para peserta.

"Saat ini kan masih ada masyarakat yang belum tahu dan membedakan apa tugas BI sebagai bank sentral dan apa tugas perbankan. Kebanksentralan di antaranya menjaga stabilitas rupiah dengan negara lain, dari sisi domestik adalah bagaimana peran ini tercermin dari capaian inflasi,"pungkasnya. 

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bersama Masyarakat, Babinsa Hijaukan Kembali Hutan Lawu

KodimKaranganyar -  Bersama Masyarakat, Babinsa Hijaukan Kembali Hutan Lawu KodimKaranganyar  -  Bersama Masyarakat, Babinsa Hijaukan K...