Jumat, 27 Juli 2018

Pasiter Kodim 0727 Karanganyar Tekankan kepada Generasi Muda untuk Jauhi Narkoba


Karanganyar – Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0727/Karanganyar Kapten Supardi mewakili Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. memberikan Wasbang (wawasan Kebangsaan) kepada Pengurus OSIS SMP sekabupaten Karanganyar di Gedung PGRI Jln. Kapten Mulyadi 45 Karanganyar. Kamis (26/7)

Kapten Supardi dalam penyampaian materi wasbang mengatakan, “bahwa Indonesia sebagai satu-satunya negara kepulauan di dunia yang dikenal dengan nusantara memiliki potensi sumber daya alam, baik di darat maupun di laut yang melimpah dengan letaknya yang strategis. Sehingga menjadi incaran negara-negara atau kekuatan pihak ketiga untuk memanfaatkan potensi tersebut, baik secara positif maupun negatif, baik dengan jalan terselubung maupun invasi terang-terangan. 

Keragaman budaya dan kekayaan yang melimpah di seluruh nusantara adalah sasaran empuk bagi para penjajah, atau kekuatan lain yang datang dari dalam maupun luar negara serta menjadi ancaman serius bagi keutuhan bangsa. Tidak aneh kemudian berbagai konspirasi terkadang muncul sebagai skenario perang di era modern ini.

Dalam sejarah perjuangan mencapai kemerdekaan bangsa, sejak orde lama hingga orde baru kemudian dilanjutkan dengan era reformasi hingga kini. Indonesia telah mengalami berbagai perang, seiring berkembangnya proses dinamika politik, sosial, hukum, ekonomi, bahkan budaya dari masa ke masa. Selain itu ancaman Narkoba di Indonesia sudah dalam keadaan darurat. Maka dari itu masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa.

Perkembangan seseorang dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut di masa dewasa. Karena itulah bila masa anak-anak dan remaja rusak karena narkoba, maka suram atau bahkan hancurlah masa depannya. Pada masa remaja sudah mempunyai keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup serta bersenang-senang besar sekali. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, akan tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja.

Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba, para remaja tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan remaja. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian. Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS. Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa,”pungkas Pasiter.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar

Kodim Karanganyar - Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir CabangGerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar Kodim Karanganyar - Peringatan...