Senin, 16 Juli 2018

Presiden Joko Widodo Meletakan Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren Majelis Tafsir Al-Quran (MTA)


Karanganyar - Presiden Joko Widodo meletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan Pondok Pesantren Majelis Tafsir Al-Quran (MTA). Prosesi peletakan batu pertama, mengawali pembangunan ponpes tersebut.

Jokowi tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Presiden didampingi sejumlah pejabat negara antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara peresmian asrama putri SMA MTA dan groundbreaking Pondok Pesantren Majelis Tafsir Al Qur'an di Desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar, Minggu (15/7/2018).

Awalnya, Jokowi bicara tentang kritikan yang sering disampaikan kepada pemerintah. Dia mengingatkan agar masyarakat bisa membedakan mana kritikan dan mana yang mencela.

"Kita ini sering tidak bisa membedakan. Pak ini kritik. Mana kritik? Tidak bisa membedakan kritik dan mencemooh. Kritik dengan mencela, tidak ada bedanya," katanya di depan ribuan warga MTA.

Menurutnya, kritikan haruslah bersifat membangun. Selain itu, cara menyampaikannya pun harus sesuai dengan etika bangsa Indonesia yang luhur. Kritik itu memberikan masukkan yang konstruktif, dengan data-data, dengan solusi-solusi, sampaikan tidak apa-apa," ujarnya.

Namun kata Jokowi, yang terjadi di media sosial saat ini adalah banyaknya ujaran yang bermakna menjelekkan dan cenderung ke arah fitnah. Dia mengaku tidak tahu siapa yang membuat fitnah tersebut.

"Tapi kalau sudah mencemooh, mencela, menjelekkan, menghujat, memfitnah, itu yang banyak sekarang. Terutama di media sosial, enggak tahu siapa yang buat," ungkapnya.

Jokowi pun mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu membangun Republik Indonesia. Dengan bersatu, dia yakin Indonesia dapat menghadapi tantangan besar yang sudah di depan mata. Banyak sekali tantangan besar, perang dagang, radikalisme, revolusi industri. Kita bersatu saja belum tentu memenangkan kompetisi ini kok, apalagi tidak bersatu," ujarnya.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Wujudkan Pembentukan Sikap Anak Bangsa

Kodim Karanganyar - Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan serta rasa tanggun...