Sinergitas Danramil dan Kapolsek Karanganyar Hadiri Toleransi Kerukunan Umat Beragama


Karanganyar - Bertempat di rumah makan Jimbaran Karangpandan Kabupaten Karanganyar Komandan Koramil 01/Karanganyar Kapten Wardiyo dan Kapolsek Karanganyar AKP Rithwan, SH MM menghadiri pertemuan toleransi dan kerukunan umat beragama dalam rangka pemilu/pemilukada tahun 2018. Kamis (01/03)

Ketua FKUB Kabupaten Karanganyar Dr. KH Badarrudin M.Ag meminta sesuai mekanisme yang ada dalam menangani kerukunan umat beragama, di wilayahnya dalam rangka jelang Pilkada/Pemilu. Semakin berkembangnya IT, bertambahnya jumlah penduduk, dengan semakin kompleksnya permasalahan yang ada dan disisi lain jumlah sumber daya alam yang semakin berkurang membuat timbulnya potensi-potensi konflik di daerah.

“Dengan FKUB ini bertujuan mengurangi titik-titik konflik yang ada di daerah masing-masing.

Lebih lanjut Badarrudin menyampaikan, atas dasar kesepakatan bersama FKUB ini disamping merekatkan tali silaturahim juga untuk mengimplementasikan FKUB yang berdasar pada Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9 dan No. 8 Tahun 2006 tentang Tugas dan Fungsi FKUB.

Sehingga dalam pelaksanaan sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) FKUB sebagai tombak dalam menjaga kerukunan antar umat beragama,”tegasnya.

Danramil menyampaikan, perteguh kembali kembali keberadaan 4 Pilar yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya tetap jaga Profesionalitas dan Proposionalitas, sehingga dalam menangani permasalahan-permasalahan terkait perbedaan keyakinan direspon positif oleh masyarakat. Serta lakukan pendekatan persuasif, sehingga tidak terjadi konflik yang bersifat anarkis,”tandas Wardiyo.

(01-Pendim 0727/Kra)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Adila Hermulia Putri Harumkan Kodim 0727/Karanganyar

Militansi Wakil Bupati Karanganyar