Jumat, 14 Desember 2018

Dandim Karanganyar Hadiri Pertemuan Sosialisasi Rencana Tindak Darurat Bendungan Gondang


Karanganyar - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M. beserta Danramil 05/Mojogedang Kapten Inf Purnomo dan Danramil 11/Kerjo Kapten Inf Suparjo, menghadiri Pertemuan Sosialisasi Tindak Darurat (RTD) Bendungan Gondang, Kabupaten Karanganyar 2018, Kamis (13/12/2018) di Pendopo Rumah dinas Bupati Sragen.

Sambutan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Ir Budi Sucahyono M.Si. menyampaikan Bendungan Gondang dibangun sejak 2013 akan mengairi irigasi seluas 4.680 hektar. Sebagian besar akan mengairi lahan pertanian di Kabupaten Sragen dan lainnya akan mengalir ke Kabupaten Karanganyar.

"Dengan adanya suplai air dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, nantinya akan bisa tanam 2-3 kali," terang Budi.

Manfaat lain yakni menjadi sumber air baku dengan debit 200 ltr/dtk bagi 200.000 jiwa, pengendali banjir, pembangkit listrik mikrohidro 0,2 MW, destinasi wisata dan menjadi kawasan konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Garuda, Bendungan Gondang.

Bupati Sragen Dedy Supriyadi S.E Alkhamdulilah pagi ini kita bisa bertemu, berkumpul dalam rangka Sosialisasi Tindak lanjut bendungan Gondang, sebelum pilpres Insya Alloh diresmikan karena akhir tahun 2018 harus selesai.

Memang Bendungan ini dirancang sedemikian rupa, baik konstruksinya untuk menahan tekanan air yang begitu besar, luasnya bendungan, kemudian dari segi tehnis belum dapat secara langsung menyebabkan kegagalan bendungan ini, baik itu puting beliung, badai, gempa dan lain-lain tidak berdampak terhadap bendungan.

Beliau menambahkan memang bendungan ada di Karanganyar, banyak yang menikmati masyarakat Sragen, tapi gak begitu Sragen 1/5, Karanganyar 1/5 jadi sama – sama. Tapi kalau jebol dampaknya ke sragen juga, akan tetapi kita berharap bendungan tidak terjadi jebol.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...