Senin, 31 Desember 2018

Soliditas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Menuju Karanganyar Bermartabat


Karanganyar - "Soliditas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Menuju Karanganyar Bermartabat" Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf M.I. Muchtar M, menghadiri Workshop Penguatan Internal FKUB di Hotel Reverhill Tawangmangu. Jum’at (28/12)

Wakil Bupati Karanganyar H. Rober Christanto S.E, mengungkapkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai lembaga eksternal yang dibentuk melalui kerjasama antara masyarakat, Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama, memiliki peranan strategis dalam menjaga kondusifitas kerukunaan antar umat beragama. Keberadaan FKUB adalah sebagai penjaga aktif garis kerukunan antar umat beragama, dimana inti dari kerukunan dan toleransi antar umat beragama yaitu saling mengerti dan memahami, bukan saling meleburkan atau mencampurbaurkan identitas, atribut, simbol, dan ritual keagamaan yang berbeda.

Kita semua perlu menyadari bahwa kemajemukan dan keragaman merupakan sunatullah yang tidak terelakan. Perbedaan dan keragaman harus menjadi modal sosial dalam mewujudkan cita-cita kebangsaan secara Iuas. Upaya tersebut membutuhkan tumbuh kembanganya sikap toleransi, saling menghormati dan saling pengertian seluruh umat beragama baik pada level internal umat maupun eksternal.

Oleh karenanya, besar harapan saya melalui acara workshop hari ini dapat menjadi momentum baru seluruh elemen di Kabupaten Karanganyar, dalam menjaga dan membangun pusat peradaban umat beragama yang toleran utamanya di wilayah Kabupaten Karanganyar. Alhamdulillah Kabupaten Karanganyar sampai akhir tahun ini tidak ada konflik yang sangat berarti, ini menunjukkan peran FKUB melalui tokoh agama dalam merawat perbedaan dalam keberagaman, dapat berjalan dengan baik.

Terima kasih saya sampaikan kepada para tokoh agama maupun semua elemen masyarakat atas peran sertanya dalam menciptakan kerukunan dan toleransi. Marilah kita ciptakan “Kabupaten Karanganyar yang Bersama dalam Keragaman, Kabupaten Karanganyar yang Bersatu dalam Keharmonisan”.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panglima TNI Ziarah ke Makam Presiden RI ke 2

KodimKaranganyar - Panglima TNI Ziarah ke Makam Presiden RI ke 2 KodimKaranganyar - Panglima TNI Ziarah ke Makam Presiden RI ke 2 ...