Sabtu, 08 Desember 2018

Sambut HJK 2018 terpusat di Ambarawa, TNI AD gelar berbagai kegiatan menarik



Karanganyar - AMBARAWA, tniad.mil.id,- Sebagai tuan rumah peringatan Hari Juang Kartika (HJK) 2018 terpusat, Komando Daerah Militer IV/Diponegoro (Kodam IV/Dip) menggelar berbagai kegiatan yang menarik dan melibatkan masyarakat. Demikian diungkapkan oleh Kapendam IV/Dip Kolonel Arh Zainudin, S.H,M.H. dalam rilis tertulisnya, Semarang, Sabtu (7/12/2018).

Tahun ini, peringatan HJK atau hari lahirnya TNI AD dilaksanakan secara terpusat di Ambarawa. Tujuh puluh tiga tahun lalu, tepatnya 15 Desember 1945, Tentara Kemerdekaan  Rakyat (TKR) dibawah pimpinan Jenderal  Soedirman (waktu itu masih berpangkat Kolonel) berhasil memukul mundur pasukan Belanda dan merebut kembali wilayah Jawa Tengah.


"Kini, menjelang peringatan peristiwa yang sangat heroik tersebut, mulai hari Jumat (7/12/ 2018), kita menggelar pameran Alutsista TNI AD di lapangan Pangsar (Panglima Besar) Jenderal Soedirman, Ambarawa," terang Zaenudin.

Berbagai rangkaian peringatan HjK lainya pun tidak kalah menariknya seperti  Festival Band  (Sabtu,  8/12/ 2018) dan 3Fun atau Fun Bike, Fun Walk dan Fun Aerobic (Minggu,  9/1 2018).

"Puncak acara peringatan (Sabtu,15/12/2018) akan dilaksanakan di Ambarawa, dan rencananya upacara langsung dipimpin Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa. Berbagai atraksi akan ditampilkan seperti terjun payung, flypass helly, Marching Band Taruna Akmil dan berbagai atraksi menarik lainnya,” kata Zenudin lebih lanjut.


"Sebagaimana tema kegiatan, TNI AD mengabdi dan membangun bersama Rakyat,  mari kita sambut peringatan HJK ini bersama-sama, sebagai bentuk kebanggaan dan penghormatan para Pahlawan yang berhasil menegakan kehormatan bangsa Indonesia,"tegas Zaenudin.

Lapangan Pangsar Jenderal Soedirman, Ambarawa yang menjadi pusat aktifitas peringatan HJK, sejatinya  hanyalah lapangan olahraga, namun dengan adanya berbagai Alutsista TNI AD, kini berubah layaknya pangkalan satuan perang yang dipenuhi masyarakat dari berbagai usia.

“Silakan,  siapapun boleh datang dan saksikan langsung. Apapun yang TNI AD miliki, semuanya milik rakyat. Kita (Prajurit) hanyalah pengemban amanah rakyat untuk mengoperasionalkan Alutsista tersebut, guna  mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI” tandas lulusan Akademi Militer tahun 1996 ini.

Dalam pameran tersebut  digelar berbagai Alutsista teranyar TNI AD, seperti Helly Apache, Rudal Starstreak (rudal canggih artileri pertahan udara), berbagai Tank milik satuan Kavaleri, Panser Anoa buatan PT Pindad, Meriam Artileri Medan, Kapal Motor dan berbagai persenjataan dan kendaraan tempur lain

"Semuanya bisa dilihat bahkan dipegang dan dinaiki sambil berfoto selfi bersama keluarga maupun sahabat. Gratis, bahkan ada door prize,” pungkas Kapendam. (Dispenad)

(Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...